Kalsel

Tingkatkan SDM Berkualitas, Pemprov Kalsel Dukung Kerjasama Lembaga Pendidikan Profesional

apahabar.com, BARITO KUALA – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, mengingatkan pentingnya bagi lembaga pendidikan untuk…

Featured-Image
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menerima plakat dari Direktur GIBS, Zulfikar Alimudin. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BARITO KUALA – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, mengingatkan pentingnya bagi lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan mutu pengelolaaan manajemen pendidikan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan Pembukaan dan Penyambutan Siswa Baru SMP-SMA Global Islamic Boarding School Tahun Pelajaran 2019/2020, di SMP-SMA GIBS, Jl Trans Kalimantan, Sungai Lumbah, Alalak, Kabupaten Batola, Minggu (07/07/2019).

“Pemerintah daerah akan terus mendorong program kerja lembaga pendidikan di semua tingkatan. Termasuk lembaga pendidikan yang dikelola pihak profesional atau swasta,” ucap Paman Birin, begitu Sahbirin Noor kerap disapa.

Baca Juga: Baarak Naga: Berawal dari Peristiwa Gaib

Didampingi istri tercinta, Hj Raudatul Jannah, Paman Birin mengatakan, pemilihan program jurusan yang tepat dan dibutuhkan dunia pasar kerja sekarang, akan menjadi kunci dasar dalam kemandirian dan kesuksesan sebuah lembaga pendidikan dalam mewujudkan visi misinya.

Lebih jauh ia mengatakan program atau jurusan pendidikan disemua tingkatan, terlebih lembaga pendidikan yang dikelola kelompok profesional atau swasta, tentu harus mengacu tata kelola sistem pendudikan nasional.

“Pemerintah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan lembaga pendidikan profesional, seperti pendidikan di SMP- SMA GIBS. Kiprahnya di bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM) turut membantu daerah,” tuturnya.

Paman Birin menambahkan, upaya peningkatan kualitas SDM daerah menjadi salah satu visi sentral pembangunan daerah.

“Pemprov Kalsel menempatkannya pada Visi Kalsel Mandiri dan Terdepan (MAPAN), Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdaya Saing dan Berdikari. Dan itu juga telah didokumenkan pada Rencana Pembanguna Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel 2016-2021,” bebernya.

Pemprov Kalsel juga selama ini melalui komitmen pimpinan daerah dan jajaran telah menyalurkan bantuan hibah dana pendidikan kepada lembaga- lembaga pendidikan, termasuk pendidikan keagamaan.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, telah diprogramkan bantuan beasiswa bagi siswa kurang mampu yaitu Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk membantu keterbatasan anggaran BOS dari pemerintah.

Bahkan, Paman Birin menambahkan siap mendukung kebutuhan finansial secara pribadi bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Untuk diketahui, kehadiran Paman Birin di sana bukan sebuah kebetulan. Noor Azizah Zaimah, anak pertamanya juga tercatat sebagai siswa baru di SMP GIBS.

Baca Juga: Baarak Naga: Orientasi Mempelai Pria Ulu Benteng Batola

Reporter: Musnita Sari
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner