Kalteng

Tingkatkan PAD, Dinas Perikanan Kapuas Maksimalkan BBI Sei Batang

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Kalteng, terus memaksimalkan Balai Benih Ikan (BBI) Sei…

Featured-Image
Pelepasan benih ikan di kolam Balai Benih Ikan (BBI) Sei Batang Kabupaten Kapuas, Kalteng. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Kalteng, terus memaksimalkan Balai Benih Ikan (BBI) Sei Batang sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Balai Benih Ikan Sei Batang yang berlokasi di Jalan Garuda, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kapuas merupakan salah satu unit perbenihan ikan dalam unit kerja Dinas Perikanan Kapuas.

Kepala Dinas Perikanan Kapuas Darmawan melalui Kabid Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Fatmawati mengatakan, BBI Sei Batang Kapuas mempunyai tugas dan fungsi dalam hal pengelolaan pembenihan ikan.

“Termasuk juga pengembangan benih dan induk ikan sebagai sumber PAD Kabupaten Kapuas dari sektor perikanan untuk sarana memproduksi benih ikan yang unggul dan bermutu,” katanya di Kuala Kapuas, Minggu (28/2).

Beberapa jenis benih ikan yang diproduksi oleh BBI Sei Batang Kapuas seperti ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan betook, dan ikan gurame.

“Semoga pada tahun 2021 BBI Sei Batang bisa lebih meningkatkan kualitas benih ikan yang ada terutama benih ikan yang menjadi salah satu komoditas,” harap Fatmawati.

Kemudian BBI Sei Batang juga diharapkan bisa menambah benih ikan lokal Kapuas maupun ikan-ikan lain yang dibudidayakan lagi serta BBI bisa sebagai objek wisata, tempat edukasi sekolah dan lainnya.

“Bisa sebagai objek wisata seperti sarana pemancingan, tempat edukasi bagi anak-anak dan lainnya serta semakin dikenal baik, maju, nyaman dan sukses serta PAD terus meningkat," pungkas Fatmawati.



Komentar
Banner
Banner