Tak Berkategori

Tingkatkan Mutu Karet, Pemkab Tabalong Kembali Bangun Gudang UPPB

apahabar.com, TANJUNG – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali membangunkan gudang Unit Pengolahan Pemasaran Bokar (UPPB)…

Featured-Image
Kabid Perkebunan pada Distan Tabalong, M Soleh berfoto bersama di depan gudang UPPB yang selesai dibangun. Foto – Istimewa.

bakabar.com, TANJUNG – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali membangunkan gudang Unit Pengolahan Pemasaran Bokar (UPPB) untuk meningkatkan mutu karet.

Ada 5 gudang yang dibangun melalui dana APBD kabupaten dan 1 gudang dari dana APBD Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, M Soleh, mengatakan gudang UPPB yang dibangun dari dana APBD Tabalong berada di Desa Wirang, Bongkang, Kecamatan Haruai.

Kemudian, di Desa Burum Kecamatan Bintang Ara, Desa Kasiau Raya Kecamatan Haruai dan di UPPB Simpung Layung lokasinya di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya.

Sedangkan untuk APBD Provinsi gudang UPPB yang dibangun di Desa Nalui Kecamatan Jaro.

“Dengan dibangunnya 6 gudang UPPB di tahun ini, maka Tabalong sudah mempunyai 16 gudang yang tersebar di 8 kecamatan,” jelas Soleh.

Tahun depan, Pemkab Tabalong akan mengalokasikan dana pembangunan gudang UPPB untuk dua kelompok, yaitu kelompok UPPB di Desa Santuun Kecamatan Muara Uya dan di Desa Solan Kecamatan Jaro.

Adapun gudang yang dibangun merupakan bangunan permanen dan berada di tanah Pemkab Tabalong, baik dari hibah kelompok maupun yang merupakan tanah pemerintah.

“Dengan adanya gudang UPPB tersebut dapat menampung produksi karet untuk membuat bokar bersih secara berkelompok,” pungkas Soleh.



Komentar
Banner
Banner