Sport

Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF U-19, Apabila…

apahabar.com, JAKARTA – Sekalipun mengemas 8 poin, terdapat tiga skenario yang membuat Timnas Indonesia gagal melangkah…

Featured-Image
Kemenangan atas Myanmar belum otomatis meloloskan Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF U-19. Foto: CNN

bakabar.com, JAKARTA – Sekalipun mengemas 8 poin, terdapat tiga skenario yang membuat Timnas Indonesia gagal melangkah ke semifinal Piala AFF U-19.

Kemenangan atas Filipina 5-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (8/7), membuka peluang Indonesia ke babak berikutnya.

Hasil itu menempatkan Garuda Nusantara di peringkat ketiga grup A dengan 8 poin. Sedangkan Vietnam di urutan teratas dengan 10 poin, disusul Thailand yang mengemas poin sama, tapi kalah selisih gol.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan menjalani partai terakhir grup yang krusial melawan Myanmar, Minggu (10/7).

Ironisnya kemenangan atas Myanmar tidak otomatis meloloskan Marcel Januar cs. Kelolosan juga bergantung dari hasil Vietnam versus Thailand di pertandingan lain.

Berikut tiga skenario yang membuat Indonesia tersingkir dari Piala AFF U-19 2022:

1. Kalah

Timnas Indonesia U-19 sudah pasti tersingkir dan gagal ke semifinal, seandainya kalah dari Myanmar.

Perbedaan 2 poin dengan Vietnam dan Thailand yang berada di puncak klasemen grup A, membuat Indonesia gagal menyalip salah satu dari rival teratas.

2. Imbang

Hasil imbang juga membuat Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal ke semifinal. Tambahan 1 poin tidak cukup untuk menggeser salah satu Vietnam atau Thailand.

3. Menang

Timnas Indonesia U-19 punya peluang cukup bagus, seandainya mampu menang atas Myanmar. Tapi skuat asuhan Shin Tae Yong ini juga tetap bisa tersingkir, meski mampu mengalahkan Myanmar.

Indonesia dipastikan lolos ke semifinal, jika mampu menang atas Myanmar dan Vietnam mampu mengalahkan Thailand atau sebaliknya.

Seandainya Vietnam versus Thailand berakhir imbang tanpa gol, Indonesia juga dipastikan lolos ke semifinal. Penyebabnya Indonesia punya keunggulan selisih gol atas Vietnam dan Thailand.

Hal itu terjadi karena hasil duel Indonesia melawan Vietnam dan Thailand, sama-sama berkesudahan dengan skor 0-0. Pun Indonesia punya torehan gol lebih baik di dibanding Vietnam dan Thailand.

Akan tetapi andai Vietnam versus Thailand berakhir imbang 1-1, 2-2, 3-3 dan seterusnya, Indonesia dipastikan tidak lolos dari grup.

Penyebabnya Timnas Indonesia U-19 akan kalah head to head dalam sebuah klasemen kecil yang berisi Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Dalam klasemen head to head tersebut, Vietnam dan Thailand dinyatakan unggul produktivitas gol atas Indonesia.



Komentar
Banner
Banner