Sport

Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Lawan Berat Menanti

Sederet lawan berat sudah menanti Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Featured-Image
Thom Haye menginspirasi kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dengan gol pembuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6) malam. Foto: Viva

bakabar.com, JAKARTA - Sederet lawan berat sudah menanti Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Indoesia memastikan lolos dari putaran kedua, setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6) malam.

Mengoleksi poin 10, skuat asuhan Shin Tae-yong itu lolos sebagai runner grup F dan mendampingi Irak yang berhasil meraih poin sempurna.

Hebatnya Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang bisa melangkah lebih jauh di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun perjuangan Indonesia mencapai Piala Dunia 2026 dipastikan belum selesai. Garuda masih harus melewati putaran ketiga dan minimal menjadi runner up grup untuk lolos ke putaran final.

Total 18 negara yang bersaing di kualifikasi putaran ketiga. Mereka dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing diisi 6 negara.

Baca Juga: Sejarah! Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Penentuan grup dilakukan melalui pengundian yang berlangsung 27 Juni 2024. Sebelumnya semua kontestan ditempatkan dalam enam pot berdasarkan ranking FIFA per Juni 2024.

Oleh karena memiliki ranking paling rendah di antara negara lain, Timnas Indonesia hampir dipastikan berada di pot 6 bersama Korea Utara, Indonesia dan Kuwait,

Sedangkan negara kuat semacam Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Qatar, Irak, Arab Saudi, Uzbekistan, Yordania, Uni Emirat Arab, Oman, dan Bahrain, ditempatkan di pot lebih tinggi.

Dengan demikian, Indonesia berpeluang besar bertemu lawan-lawan berat seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, atau Australia.

"Tidak satu pun lawan yang gampang, mengingat Indonesia menempati peringkat 134 dalam ranking FIFA. Bahkan Indonesia paling lemah di antara negara yang lolos ke putaran ketiga," ungkap Shin Tae-yong.

"Namun saya dan pemain tetap akan berusaha mencapai mimpi. Kami akan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi putaran ketiga," tegas pria berpaspor Korea Selatan ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner