kesehatan

Tiga Vitamin Penting untuk Doping di Musim Hujan

Musim hujan biasanya berbarengan dengan melonjaknya flu dan pilek. Sistem kekebalan tubuh yang menurun secara alami butuh pasokan vitamin lebih banyak.

Featured-Image
Mengonsumsi vitamin selama musim hujan dapat mencegah penurunan imun. Foto: Essential Suplements

apahabar, JAKARTA –Musim hujan biasanya berbarengan dengan melonjaknya flu dan pilek. Sistem kekebalan tubuh menurun secara alami butuh pasokan vitamin lebih banyak. 

Menurunnya kekebalan tubuh terjadi akibat perubahan cuaca dan suhu yang tiba-tiba. Akibatnya tubuh jadi lebih mudah sakit. Gejala penyakit pada musim hujan bervariasi, mulai dari ketidaknyamanan ringan seperti pilek hingga demam berdarah.

Untuk bisa melawan penyakit tersebut maka diperlukan konsumsi vitamin dan suplemen secara rutin agar tetap sehat di musim hujan.

Tiga vitamin ini sangat baik dikonsumsi ketika musim hujan agar kekebalan tubuh tetap terjaga. 

Vitamin D

Vitamin ini sering disebut sebagai “vitamin sinar matahari”. Tubuh secara alami akan memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari langsung.

Vitamin D merupakan nutrisi yang larut dalam lemak, hal ini penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi vitamin ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan bagian penting terhadap pertahanan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan respon imun.

Apabila kekurangan vitamin D, maka dapat meningkatkan risiko saluran pernapasan atas seperti influenze dan asma.

Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin D. Seperti ikan salmon, pisang, brokoli, tahu, tempe, apel, alpukat, keju, dan masih banyak lainnya.

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang terkenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ia berfungsi atas produksi antibodi yang berperan penting dalam melawan virus.

Antibodi menjadi salah satu cara untuk menangkal bakteri dan penyakit. Ia bertindak sebagai tameng untuk mencegah berkembang biaknya penyakit.

Melansir dari Healthline, terdapat penelitian terhadap 11.306 orang dan menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara teratur dengan dosis 1-2 gram per hari dapat mengurangi durasi pilek sebesar 8% pada orang dewasa, dan 14% pada anak-anak.

Namun tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C secara alami. Dibutuhkan suplemen atau makanan alami untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Beberapa makanan yang dapat anda konsumsi seperti jeruk, bayam, kale, stroberi, kiwi, papaya, dan lainnya.  

Zinc

Zinc merupakan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan sel imun, dan berperan penting untuk merespon inflamasi.

Zinc secara khusus melindungi penghalang jaringan dalam tubuh dan mencegah masuknya patogen yang memicu berbagai masalah kesehatan.

Apabila mengalami kekurangan nutrisi ini, maka dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan risiko infeksi dan penyakit, termasuk pneumonia.

Mengonsumsi zinc aman untuk jangka panjang, selama yang dikonsumsi sesuatu dosis. Jika melebihi dosis yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan tembaga sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Editor
Komentar
Banner
Banner