Peristiwa & Hukum

Tiga Hari Karhutla di Abumbun Jaya Sungai Tabuk, 54 Hektare Lahan Terbakar

Tiga hari berturut - turut Karhutla di Desa Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Sejak Minggu hingga hari ini Selasa (12/9/2023).

Featured-Image
Karhutla di Desa Abumbun Jaya, Sungai Tabuk, Banjar, Senin (11/9). Foto-DPKP Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Tiga hari berturut - turut kebakaran lahan terjadi di Desa Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Kebakaran terjadi sejak Minggu hingga Selasa (12/9/2023).

Untungnya, karhutla yang terjadi siang tadi tidak berlangsung lama, karena lahan sempat diguyur hujan. Kendati demikian, api sempat mendekati kompleks perumahan purnawirawan TNI AL.

Karhutla di Desa Abumbun Jaya, Sungai Tabuk, Banjar, Selasa (12/9). Foto-istimewa.
Karhutla di Desa Abumbun Jaya, Sungai Tabuk, Banjar, Selasa (12/9). Foto-istimewa.

Berdasarkan data BPBD Banjar, karhutla di Jalan Trans Desa Ambubun Jaya pada Minggu (10/9) membakar sekitar 29 hektare lahan.

Kemudian api melalap habis dua rumah kosong milik warga yaitu milik Sugi dan H Sanusi.

Petugas gabungan bersama relawan hingga dibantu helikopter water bombing milik BNPB, api akhirnya dapat dipadamkan sekira pukul 20.00 Wita dari sejak pukul 15.00 Wita.

Pun demikian pada Senin (11/9) siang, api kembali berkobar. Kali ini mendekati Majelis Sirajul Munir dan permukiman warga.

Beruntung api dapat diredam sehingga tidak sampai membakar permukiman warga.

"Api berkobar pukul 10.30 hingga 16.30 sore, api menyala dari luar menuju ketengah," ucap Kalak BPBD Banjar, Warsita.

Lahan yang terbakar kali ini mencapai 25 hektare dengan durasi penanganan 6 jam oleh tim gabungan BPBD, TN, Polri, Dinas Damkar hingga relawan, sehingga dalam tiga hari ini Karhutla di Abumbun Jaya membakar setidaknya 54 hektare lahan.

Editor


Komentar
Banner
Banner