Sport

Tiba-tiba PSSI Usulkan KLB Usai Terima Surat dari Persis dan Persebaya 

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tiba-tiba memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB) usai menerima surat Persis Solo dan Persebaya.

Featured-Image
Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tiba-tiba memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB) usai menerima surat dari Persis Solo dan Persebaya Surabaya. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan setelah menggelar Exco Emergencey Meeting yang dihadiri oleh 12 Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Jumat (28/10) malam.

"Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya [Persis Solo dan Persebaya Surabaya], dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi [voters] yang mewakili anggota PSSI," ucap Iwan Bule seperti dilansir CNN Indonesia, Sabtu (29/10) pagi.

Buntut Tragedi Kanjuruhan

Simak 9 Poin rekomendari dari TGIPF untuk Tragedi Kanjuruhan.
Simak 9 Poin rekomendari dari TGIPF untuk Tragedi Kanjuruhan. Foto-net

Pada Selasa (25/10) lalu, Persis dan Persebaya sepakat untuk mengirimkan surat kepada PSSI sebagai buntut Tragedi Gelora Bandung Lautan Api Juni lalu, disusul Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober lalu.

Ada dua surat yang diajukan Persis dan Persebaya kepada PSSI. Pertama, kedua tim tersebut mendorong untuk diselenggarakannya KLB PSSI demi kebaikan sepak bola nasional secara menyeluruh.

Kedua adalah mengajukan segera diselenggarakannya RUPS LB PT Liga Indonesia Baru, untuk membahas kepastian liga.

Dengan memperhatikan surat dari dua anggotanya tersebut, PSSI akhirnya menggelar rapar Komite Eksekutif (Exco) pada Jumat (28/10) malam.

"Rekan-rekan media yang saya hormati. Pada malam hari ini, Jumat 28 Oktober, dari jam 19.00 sampai 22.45 WIB di Kantor PSSI, Jakarta. Komite Eksekutif PSSI melaksanakan Exco Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 Anggota Exco dan memutuskan mempercepat Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa, sesuai tahapan aturan organisas," kata Iwan Bule.

Sesuai bunyi Pasal 34 Ayat 2 Statuta PSSI tentang Kongres Luar Biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi [voter] yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

"Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai," ujar Iwan Bule.

Bersurat ke FIFA

Ketum PSSI, Iwan Bule kembali mangkir dari pemeriksaan Polda Jatim (Foto: dok. PSSI)
Ketum PSSI, Iwan Bule bersama Presiden FIFA. (Foto: dok. PSSI)

Menurutnya, tahapan KLB PSSI akan dimulai dengan bersurat kepada FIFA soal usulan Kongres.

"Tahapan Kongres Luar Biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan Kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA tersebut akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022," jelas Iwan Bule.

"Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dalam membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di Tanah Air," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner