Tak Berkategori

Tiba di Arafah, Jemaah Batola Tempati Maktab 76

apahabar.com, MARABAHAN – Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, hampir semua jemaah sudah berada di Arafah, termasuk…

Featured-Image
Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), H Mohammad Mubarak, memperlihatkan Maktab 76 yang ditempati jemaah Barito Kuala. Foto-Istimewa.

bakabar.com, MARABAHAN – Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, hampir semua jemaah sudah berada di Arafah, termasuk dari Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Tergabung dalam Kloter 12 bersama jemaah dari Banjar dan Banjarmasin, 235 jemaah Batola sudah menempati pemondokan yang disediakan sejak, Jumat (9/8), sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

“Alhamdulillah sekarang semua jemaah sudah berada di Arafah untuk persiapan wukuf. Kloter 12 ditempatkan di Maktab 76,” jelas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), H Mohammad Mubarak, ketika dihubungi bakabar.com dari Arab Saudi.

Letak Maktab 76 cukup strategis, karena berdekatan dengan medical clinic. Sebelum pelaksanaan puncak haji, mereka pun bisa memeriksakan kesehatan.

“Terdapat dua tenda untuk Kloter 12. Di tengah-tengah tenda tersebut, terdapat toilet umum, sehingga jemaah lebih dipermudah untuk mandi dan sebagainya. Mudahan semuanya menjadi haji mabrur,” jelas Mubarak.

Wukuf di Arafah merupakan rukun inti ibadah haji. Seluruh jemaah calon haji, termasuk yang sedang sakit, tetap harus berada di Arafah sepanjang 9 Zulhijah, minimal sesaat di antara waktu zuhur hingga fajar Idul Adha.

Ketika pelaksanaan wukuf, suhu di Arafah diperkirakan antara 40 hingga 45 derajat celcius atau 10 derajat celcius lebih panas dari suhu rata-rata di Batola.

“Agar tidak kesulitan melaksanakan ibadah puncak, jemaah dianjurkan beristirahat yang cukup selama berada di pemondokan,” timpal dr Muhammad Inayaturrahman Hamsin, dokter penanggungjawab jemaah Kloter12.

“Alhamdulillah semua jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 12 dalam kondisi sehat, sehingga dapat mengikuti rangkaian ibadah di Arafah,” tandasnya.

Baca Juga: Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

Baca Juga: Jemaah Haji HST Siap Menuju Arafah

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner