Chip Wi-Fi Apple

Terungkap! Alasan Apple Menunda Pengembangan Chip Khusus Wi-Fi

Apple dikabarkan menunda pengembangan internal untuk chip khusus WiFi garapan sendiri.

Featured-Image
Apple dikabarkan menunda pengembangan internal untuk chip khusus WiFi garapan sendiri. Foto: dok. News18

bakabar.com, JAKARTA - Apple dikabarkan menunda pengembangan internal untuk chip khusus WiFi garapan sendiri.

Sebelumnya perusahaan teknologi asal Amerika itu dikabarkan tengah menyiapkan pengembangan chip untuk diproduksi mandiri dan tidak bergantung pada pemasok lain.

Beberapa alasan yang menjadi penyebab penundaan di antaranya kekhawatiran para investor terhadap kestabilan bisnis chip Wi-Fi hingga mulai bergesernya tren di pasar.

"Survei terbaru yang saya lakukan untuk industri semikonduktor menunjukkan bahwa Apple tengah menunda pengembangan chip Wi-Fi miliknya untuk sementara waktu," kata Analis Apple Ming-Chi Kuo lewat tulisannya di medium.com dikutip Minggu (29/1).

Baca Juga: Apple Hadirkan Macbook Pro dengan Chip M2, Dibanderol Segini

Dari segi investor, menurut Ming-Chi Kuo para investor khawatir pengembangan chip Wi-Fi Apple dapat berdampak kepada bisnis pesaingnya yakni Broadcom yang saat ini cukup mendominasi pasar chip Wi-Fi.

Sementara dari segi desain penundaan dilakukan karena Apple hanya mengembangkan chip Wi-Fi saja, maka ketergantungan terhadap chip Bluetooth dari pemasok lain masih akan terjadi.

Sebaiknya Apple mengubah fokus pengembangannya menjadi chip kombo yang mencakup chip Wi-Fi dan juga Bluetooth jika pengembangan dilanjutkan.

Hal itu sebenarnya lebih masuk akal, karena menurut sang analis saat ini saja jenis chip kombo tersebut menjadi chip yang paling banyak digunakan Apple ketimbang yang Wi-Fi saja.

Baca Juga: Tiga Layanan Apple Diuji Coba di Sistem Operasi Windows 11

Penundaan itu mungkin juga berkaitan dengan tujuan baru Apple yang nampaknya ingin mengembangkan prosesor anyar yang bisa membawa peningkatan kinerja dan efisiensi konsumsi daya secara signifikan.

Dengan tujuan tersebut, sumber daya peneliti untuk pengembangan chip Wi-Fi akhirnya teralihkan untuk proyek prosesor.

Diperkirakan pengembangan prosesor itu berlangsung di tahun ini dan paling lambat diproduksi massal pada 2025.

Baca Juga: Apple Siapkan iPad Pro Generasi Terbaru dengan Layar OLED

Sebagai langkah memenuhi kebutuhan chip Wi-Fi maka Apple masih akan membutuhkan Broadcom untuk memenuhi keperluannya termasuk di iPhone 15 series.

Adapun chip Wi-Fi yang akan digunakan diduga berupa chip Wi-Fi 6E atau Wi-Fi 7.

Editor


Komentar
Banner
Banner