Senam Mata

Ternyata Ada Senam untuk Jaga Kesehatan Mata, Yuk Lakukan

Senam mata dapat dilakukan jika terlalu lama menatap layar komputer. Fungsinya untuk meningkatkan kesehatan mata dan pengelihatan.

Featured-Image
Begini melakukan senam mata dan manfaat bagi kesehatan. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Senam mata dapat dilakukan jika terlalu lama menatap layar komputer. Fungsinya untuk meningkatkan kesehatan mata dan pengelihatan.

Melakukan olahraga mata dapat bermanfaat untuk beberapa kondisi, seperti mata lelah, disleksia, amblyopia, rabun jauh dan disleksia.

Namun unutk beberapa kondisi mata seperti retinopati, katarak dan glaukoma, mungkin tidak akan mendapatkan manfaat dari senam mata ini.

Melansir Medical News Today, beberapa gerakan olahraga dipercaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata, di antaranya:

1. Metode 20-20-20

Metode ini sangat baik dilakukan untuk seseorang yang kesehariannya bekerja di depan layar kaca. Dengan melakukan olahraga ini dapat membuat rileks mata.

Kegiatan ini mengharuskan seseorang untuk melakukan jeda setiap 20 menit pada aktivitas mereka, mengatur pengelihatan dengan melihat objek sejauh 20 meter, dan fokus terhadap objek tersebut selama 20 detik.

2. Mengganti Fokus

Melakukan perubahan fokus dapat memantu mengatasi mata tegang. Kegiatan ini mdah dilakukan, diantaranya dengan
- Menjauhkan jari beberapa inci dari mata,
- Fokus terhadap jari tersebut dan menggerakan jari secara perlahan menjauhi mata
- Mendekatkan kembali jari ke arah mata, fokuskan ke arah objek yang agak jauh
- Lakukan kegiatan ini selama tiga kali.

3. Menggerakan Mata

Kegiatan ini mudah dilakukan, terlebih untuk seseorang yang setiap hari berhadapan dengan komputer.

Adapun cara melakukannya adalah dengan menutup mata, perlahan gerakan mata ke arah bawah, atas, kanan dan kiri, serta lakukan kegiatan ini selama tiga kali.

4. Pencil Pushup

Peregangan ini membutuhkan sebuah pensil yang diletakan sejajar dengan lengan, dengan jarak beberapa inci dari hidung. fokuskan pengelihatan terhadap pensil tersebut. Lakukan kegiatan ini selama 20 kali.

Manfaat Senam Mata

Manfaat senam mata . Foto: quantumhealth
Manfaat senam mata . Foto: quantumhealth

Sebuah studi menyatakan bahwa melakukan senam mata dapat membantu mengatasi risiko seperti memperbaiki defisit pada visual hingga keterampilan stereoskopis setelah cedera otak.

Dan pada penelitan tahun 2013, menunjukkan hasil dalam olahraga mata dapat meningkatkan kinerja kognitif dalam bidang perhatian dan daya ingat.

Senam mata ini dapat dilakukan oleh siapapun yang membutuhkannya. Namun jika terjadi mata merah, pengelihatan berkurang, tidak fokus hingga permasalahan lain, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter mata.

Editor


Komentar
Banner
Banner