Arus Mudik 2023

Terminal Kalideres Diprediksi Mengalami Lonjakan Pemudik pada H-3 hingga H-4 

erminal Kalideres diperkirakan mengalami lonjakan pemudik pada Selasa (18/4) hingga Rabu (19/4).

Featured-Image
Suasana Terminal Kalideres menjelang libur Lebaran 2023, Jakarta, Minggu (16/4/2023). (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA - Terminal Kalideres diperkirakan mengalami lonjakan pemudik pada Selasa (18/4) hingga Rabu (19/4).

Dalam dua hari tersebut diperkirakan jumlah pemudik mencapai 4.157 orang. Jumlah tersebut diperkirakan juga akan terus mengalami kenaikan.

"Tahun ini diprediksi akan meningkat, antara H-4 atau H-3 Lebaran dengan 6 ribu orang," kata Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnaen, seperti dikutip Antara, Minggu (16/4).

Baca Juga: H-6 Lebaran 2023, Terminal Bekasi Belum Ada Lonjakan Pemudik

Berdasarkan pengamatan yang dilakukannya kenaikan jumlah pemudik sesungguhnya sudah mulai terjadi pada Jumat (14/4) dengan total pemudik mencapai 934 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat jika dibandingkan pada hari biasa dengan jumlah 300-350 penumpang.

Hingga saat ini tujuan rute terbanyak dengan kebarangkatan dari Terminal Kalideres sebagian besar didominasi menuju ke Padang, Lampung, Bengkulu, dan Jawa Tengah.

Mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang, pihaknya telah menyediakan sejumlah fasilitas seperti posko inspeksi keselamatan kendaraan (rampcheck), posko kesehatan, posko pengamanan terpadu, enam ruang tunggu penumpang, panggung hiburan, hingga tenda istirahat sopir.

Baca Juga: Hindari Kemacetan, Jadi Alasan Pemudik Pulang Kampung H-6 Lebaran

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan empat terminal bus utama dan tiga terminal bus bantuan berikut posko pemantauan di setiap terminal untuk mendukung mudik Lebaran 2023.

Keempat terminal utama yang diadakan untuk mudik antara lain Terminal Bus Pulogebang, Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Kalideres dan Terminal Bus Tanjung Priok. Sedangkan tiga terminal bantuan yakni Terminal Grogol, Terminal Muara Angke dan Terminal Lebak Bulus.

Editor


Komentar
Banner
Banner