Arus Mudik 2023

Hindari Kemacetan, Jadi Alasan Pemudik Pulang Kampung H-6 Lebaran

Menjelang H-6 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, suasana di Terminal Induk Bekasi masih terpantau landai pemudik.

Featured-Image
Pemudik di Terminal Induk Bekasi hendak menaruh barang di bagasi bus (Foto: apahabar.com/May)

bakabar.com, BEKASI - Menjelang H-6 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, suasana di Terminal Induk Bekasi masih terpantau landai pemudik.

Pantauan apahabar.con di lokasi, pukul 13.30 WIB aktivitas lalu lalang pemudik di Terminal Induk Bekasi masih terbilang lengang.

Para petugas PO bus terlihat berdiri di depan bus nya masing-masing sambil sesekali menanyakan tujuan dari sejumlah orang yang melintas di depannya.

Sementara pemudik yang hendak akan berpulang ke kampung halaman terlihat membawa barang-barang yang dimuat di dalam tas maupun kardus.

Baca Juga: H-6 Lebaran 2023, Terminal Bekasi Belum Ada Lonjakan Pemudik

Salah satu pemudik, Dewi (29) menyebut, alasannya memilih mudik 6 hari sebelum hari lebaran 2023 tiba karena untuk menghindari kemacetan.

“Biar gak terlalu macet banget, soalnya saya kan bawa anak-anak,” saat ditemui bakabar.com di Terminal Induk Bekasi, Minggu (16/04).

Kendati demikian dirinya mengaku, tahun ini merupakan tahun pertamanya memilih bus sebagai armada untuk pulang ke kampung halaman.

Biasanya, kata Dewi untuk sampai ke kampung halamannya di Pemalang, waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 6-7 jam dengan menggunakan travel.

“Kalau gak macet 6-7 jam nyampe, kalau macet gak tau deh, soalnya baru pertama naik bus,” ucapnya.

Baca Juga: Terminal Purabaya Diprediksi Terjadi Lonjakan Penumpang Pada H-3 Lebaran

Meski baru pertama kali menggunakan bus, Dewi mengaku harga tiket bus saat ini telah mengalami kenaikan harga dari hari biasanya.

“Kalau yang eksklusif ke Pemalang 255 ribu kalau AC biasa 205 ribu. Kalau hari biasa palingan Rp180 ribu,” jelasnya kepada bakabar.com.

Kepala Terminal Induk Bekasi, Hermawan mengatakan sampai saat ini antusiasme pemudik memang sudah ada kenaikan dibandingkan hari biasanya. Namun, ia menyebut kenaikan tersebut belum signifikan.

“Sudah terpantau ada peningkatan penumpang untuk rute Sumatera nya, rute Jawa juga ada kelonjakan dari hari biasa, cuma belum signifikan masih tertampung dengan reguler,” kata Hermawan.

Baca Juga: Dishub Jatim Cek Kendaraan Umum untuk Mudik 2023, Ratusan Tak Laik!

Dirinya memprediksi untuk lonjakan pemudik di Terminal Induk Kota Bekasi baru akan terlihat H-3 lebaran.

“(Puncak arus mudik) di tanggal 19-20 April kita prediksi di tanggal-tanggal itu, karena berbarengan dengan hari libur cuti bersama,” pungkasnya. (Mae Manah)

Editor


Komentar
Banner
Banner