Tak Berkategori

Temuan APD Bekas di Pantai Stal Kuda Jadi Bukti Dinkes Balikpapan Lakukan Pelacakan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Temuan hazmat atau alat pelindung diri (APD) bekas dipakai tenaga kesehatan di pesisir…

Featured-Image
Ilustrasi petugas mamasukkan APD bekas dalam kardus untuk dibuang. Foto-net

bakabar.com, BALIKPAPAN – Temuan hazmat atau alat pelindung diri (APD) bekas dipakai tenaga kesehatan di pesisir Pantai Stal Kuda Balikpapan, Kaltim, telah diamankan, Selasa siang (31/8).

Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan mengamankan sebanyak lima lembar APD atau hazmat bekas. “Ada lima hazmat yang kita dapatkan, ini sudah kami bawa,” kata Lela, seorang petugas Dinkes Balikpapan kepada bakabar.com.

Selanjutnya kata dia, temuan itu diteliti untuk mengetahui milik siapa. “Kami teliti dulu, sebab jenis hazmat itu beda-beda. Kita bisa tahu itu yang dipakai sama Satgas atau nakes dan lainnya,” lanjut Lela.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty menegaskan hazmat atau APD bekas tersebut tidak boleh dibuang sembarangan. Sebab pemusnahan hazmat memiliki prosedur.

“Nggak boleh, kan harus dipilah kemudian dimasukkan kedalam tempat limbah B3, kemudian ya dimusnahkan. Harus ada kerjasama dengan pihak ketiga,” ungkap wanita yang akrab disapa Dio ini.

Dio menambahkan pihaknya bisa saja mengetahui pengguna hazmat tersebut lantaran dapat dibedakan dari jenisnya. Sebab tidak semua hazmat yang dijual dan digunakan sama.

“Kita lacak lagi darimana itu. Kalau ada hazmatnya kita akan tahu siapa yang pakai jenis hazmat seperti itu,” pungkasnya.

KNPI Tabalong Soroti Tarif PCR Masih Ada Rp 900 Ribu



Komentar
Banner
Banner