Sport

Tekuk Kolombia, Brasil ke Perempat Final Sebagai Pemuncak Grup B

apahabar.com, BRASILIA – Tren positif Brasil terus berlanjut di Copa America 2021. Mereka dipastikan ke perempat…

Featured-Image
Kiper Timnas Kolombia, David Ospina, memprotes wasit yang mengesahkan gol pertama Brasil. Foto: Tyc Sport

bakabar.com, BRASILIA – Tren positif Brasil terus berlanjut di Copa America 2021. Mereka dipastikan ke perempat final sebagai pemuncak Grup B, setelah mengalahkan Kolombia, Kamis (24/6) pagi.

Hasil akhir sebenarnya sudah tidak menentukan kelolosan kedua negara. Baik Brasil ataupun Kolombia telah memastikan tiket ke perempat final Copa America.

Namun demikian, pertandingan tetap berlangsung ketat dan keras. Brasil yang unggul ball possesion, cukup kesulitan menembus pertahanan ketat Kolombia.

Justru Kolombia yang berhasil unggul lebih dulu di menit 10 melalui tendangan akrobatik Luis Diaz, setelah meneruskan umpan silang Juan Cuadrado.

Selepas turun minum, Brasil mengubah formasi dengan menduetkan Neymar da Silva dan Roberto Firmino sebagai penyerang ganda.

Neymar nyaris memecah kebuntuan Brasil di menit 71, seandainya bola sepakan pemain Paris Saint-Germain ini tidak membentur tiang.

Akhirnya di menit 78, Brasil berhasil menyamakan kedudukan. Roberto Firmino yang lepas dari kawalan, sukses menyundul masuk umpan Renan Lodi.

Gol itu diprotes Kolombia, karena bola sempat mengenai badan wasit, sebelum diambil Renan Lodi.

Momen itu membuat mereka berhenti mengejar bola, sementara Brasil tetap melancarkan serangan. Akibatnya pertahanan Kolombia sedikit lengah dalam mengantisipasi proses gol Firmino.

Setelah gol terjadi, mereka menuntut wasit untuk menganulir gol. Protes berlangsung kurang lebih 5 menit.

Setelah kedudukan kembali sama kuat, Brasil terus menekan. Hasilnya mereka berbalik unggul di menit 100 melalui sundulan Casemiro yang menerukan sepak pojok Neymar.

Wasit sendiri memberi tambahan waktu 10 menit sebagai kompensasi protes Kolombia atas gol pertama Brasil.

Terlepas dari insiden tersebut, Brasil sukses mengamankan kemenangan dan mengoleksi total 9 dari 3 pertandingan.

Jumlah poin itu tak mungkin bisa dikejar Kolombia, Peru, Ekuador dan Venezuela. Brasil yang menyisakan satu pertandingan, unggul 5 poin atas dua pesaing terdekat Kolombia dan Peru.

Sebaliknya Kolombia yang berada di peringkat kedua, telah memainkan semua jatah pertandingan di fase grup Copa America 2021.

Sementara Peru di peringkat ketiga, juga masih menyisakan satu pertandingan, sama seperti Ekuador dan Venezuela yang sama-sama baru mengemas 2 poin.

Situasi ini kurang menguntungkan untuk Kolombia, karena rawan tergusur dari peringkat kedua.

Posisi Kolombia ditentukan lewat pertandingan Brasil melawan Ekuador dan Venezuela kontra Peru, Senin (28/6).

Apabila Kolombia tergusur dan finis di peringkat keempat klasemen Grup B, mereka bisa bertemu Argentina di perempat final.

Adapun Argentina merupakan kandidat terkuat juara Grup A. Lionel Messi cs memimpin 2 angka atas pesaing terdekat Chile.



Komentar
Banner
Banner