Kalteng

Tekan Karhutla, Empat MPA Desa Kecamatan Teweh Selatan Dibentuk

apahabar.com, MUARA TEWEH – Masyarakat Peduli Api (MPA) di empat desa Kecamatan Teweh Selatan, Barito Utara…

Featured-Image
Ilustrasi Karhutla di Kalteng. Foto-Istimewa.

bakabar.com, MUARA TEWEH – Masyarakat Peduli Api (MPA) di empat desa Kecamatan Teweh Selatan, Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi dibentuk. Keberadaan mereka diharap mampu menekan tingginya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sana.

Empat desa di Kecamatan Teweh Selatan tersebut yakni Desa Trahean, Trinsing, Bintang Ninggi I dan Bintang Ninggi II.

Wakil Bupati Barut, Sugianto Panala Putra dalam kesempatan itu mengajak seluruh anggota MPA yang telah dibentuk dan mendapat pembekalan teknis, agar berperan aktif menjaga desanya dari kejadian Karhutla.

Ke depannya, lanjutnya, Dinas LH tidak hanya melakukan pembentukan kelompok MPA, tetapi juga melakukan pembinaan kelompok MPA, sesuai ketentuan.

"Oleh sebab itu, setiap personil MPA diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya pengendalian karhutla, baik dalam upaya pencegahan atau pemadaman," imbuh Sugianto Panala Putra, Kamis (5/12).

Setiap personel MPA tak hanya diberikan pelatihan mengenai dasar-dasar pengendalian Karhutla, tetapi juga kegiatan pencegahan dan pemadaman.

"Selain itu, MPA juga diberikan pelatihan pembukaan lahan tanpa membakar, yaitu dengan memanfatkan limbah biomassa," ungkap Sugianto.

Dengan begitu, dia juga berharap MPA bisa menjadi pioner dan memberi contoh kepada masyarakat dalam melakukan pembukaan atau pembersihan lahan tanpa harus membakar.

Baca Juga:Polisi Pastikan Mayat Dalam Parit di Kobar Murni Laka Tunggal

Baca Juga:Dinsos Teweh Cuma Bisa Pulangkan 5 PSK Merong, Ada Apa?

Reporter: Ahc17
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner