Kalteng

Tekan Covid-19 di Kapuas, Camat Diminta Segera Bentuk Satgas Tingkat RT RW

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Para camat di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, diminta untuk segera membentuk Tim…

Featured-Image
Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Para camat di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, diminta untuk segera membentuk Tim Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat kepada para camat untuk segera membentuk Satgas Penanganan Covid-19 tingkat RT dan RW.

“Tanggal 25 November 2020 lalu kami sudah surati camat membentuk Satgas tingkat RT dan RW di wilayahnya masing-masing, berpedoman pada surat ederan Kemendagri nomor 440 tahun 2020,” katanya di Kuala Kapuas.

Hanya saja, lanjut Panahatan, sampai saat ini pihaknya dari Tim Satgas kabupaten belum menerima laporan dari para camat terkait pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat RT dan RW tersebut.

“Sampai sekarang kami belum terima laporan pembentukan Satgas tingkat RT dan RW. Jadi, saya ingatkan kembali kepada para camat mohon ini dapat diperhatikan,” tekan Panahatan Sinaga.

Sementara itu Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas, Muchtar Ruslan menyarankan agar camat dapat lebih berperan dalam menangani penyebaran virus corona di wilayahnya masing-masing.

“Pendapat kami untuk menghentikan atau mengakhiri Covid-19 ini camat agar diperankan untuk lebih aktif lagi bersama unsur pemerintah kecamatan menangani masalah penyebaran Covid-19 di wilayahnya,” kata dia.

Menurut Muchtar Ruslan, camat selaku pimpinan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan lebih dekat dengan masyarakatnya dibandingkan dengan Tim Satgas Covid-19 tingkat kabupaten, sehingga lebih mudah mengedukasi masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Di kecamatan itu juga ada tokoh masyarakat, ada tokoh ulama dan tokoh agama dimana mereka nantinya juga ikut membantu agar peran pemerintah kecamatan bisa berjalan dengan baik,” ujar Muchtar Ruslan.

Komentar
Banner
Banner