Regional

Tekan Buruknya Kualitas Udara, Pemkot Bekasi Gelar Uji Emisi Gratis

Menjaga kualitas udara, Pemkot Bekasi menggelar uji emisi, Senin (5/6) pagi. Pengujian dilakukan gratis.

Featured-Image
Salah satu mobil yang sedang dilakukan uji emisi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. (apahabar.com/Mae Manah)

bakabar.com, BEKASI - Menjaga kualitas udara, Pemkot Bekasi menggelar uji emisi, Senin (5/6) pagi. Pengujian dilakukan gratis.

Uji emisi ini digelar bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Pemprov DKI Jakarta. Lokasinya terpusat di Stadion Patriot Candrabhaga.

Staff Direktorat Udara Kementerian Lingkungan Hidup, Heru Krisnanto mengatakan, uji emisi digelar untuk menjaga kualitas udara di seputaran Jabodetabek. Sekaligus dalam rangkam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca Juga: Cerita Masyarakat Ikut Uji Emisi Gratis: Cepat, Tidak Sampai 5 Menit

“Tahun 2022 lalu nilai indeks kualitas udara wilayah Jabodetabek hasilnya kurang baik dibandingkan daerah-daerah lainnya,” kata Heru, di Bekasi, Senin (5/6) siang.

Uji emisi ini tak hanya digelar di Bekasi. Tapi juga serentak di sembikan titik lainnya. Di antaranya; DKI Jakarta, Tanggerang, Bogor, Tanggerang Selatan dan Depok.

Sembilan titik ini memang jadi fokus pengujian. Karena memiliki angka volume kendaraan cukup tinggi. Jika masyarakat tak merawat kendaraan dengan baik, maka akan mempengaruhi kualitas udara.

Baca Juga: Uji Emisi sebelum Kena Sanksi Pajak dan Parkir Mahal, Berapa Biayanya?

“Kalau tidak melakukan uji emisi atau perawatan, efek yang akan ditimbulkan adalah memburuknya kualistas udara di wilayah sekitar,” ujarnya.

Senada, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Bekasi, Kiswatiningsih menyebut kualitas udara di kotanya kurang baik. Tapi tak hanya ulah kendaraan.

“Memang kondisi udara kota bekasi gak bagus-bagus banget, tapi kan kontribusinya gak hanya dari emisi kendaraan, ada dari emisi perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga: Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Uji Emisi Hingga Menanam Mangrove

Ia memastikan uji emisi ini bakal dilakukan rutin berkala. Sehingga kualitas udara di Bekasi bisa membaik.

“Kami melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap hal-hal yang terlibat pencemaran udara. Misalnya perusahaan, kami punya pemeriksaan rutin maupun yang tiba-tiba,” tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner