Sport

Target Emas di Popnas, Atlet Gulat Kalteng Gencar Latihan

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Kalimantan Tengah akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI dari 23…

Featured-Image
Persiapan menghadapi POPNAS XVI, 2021, atlet gulat saat menggelar latihan fisik di Sport Indoor Jalan Tjilik Riwut km 5. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA — Kalimantan Tengah akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI dari 23 Agustus hingga 5 September 2021. Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di even olahraga nasional antar pelajar di seluruh Indonesia ini adalah gulat.

Untuk itulah, sejak jauh-jauh hari para atlet gulat dari Kalimantan Tengah, sudah mempersiapkan diri.

“Persiapan sudah dari tahun kemarin. Latihannya berupa fisik dan teknik. Fisik dua kali seminggu, selebihnya latihan di matras,” kata pelatih gulat Kalteng Panahan Sylvanus, Jumat (12/2).

Sebanyak dua putri dan empat putra dipersiapkan. Dari 6 atlet ini, dua orang sudah memiliki pengalaman tanding di even yang sama pada 2019.

Saat itu, atlet putri bernama Nanda harus puas meraih medali perunggu di kelas 53 kilogram. Kalah dari pegulat Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki postur tubuh cukup besar.

Namun kali ini, Nanda didaftarkan di kelas 49 kilogram dengan target medali emas.

“Kita masih mengandalkan kedua atlet tersebut untuk kembali meraih medali di Popnas XVI,” ujarnya.

Sylvanus mengungkapkan, ia juga sudah melakukan pemetaan kekuatan lawan. Jawa Timur (Jatim) menjadi lawan yang tangguh.

Pada Popnas 2019, Jatim meraih juara umum gulat. Kendati demikian kualitas pegulat yang dibina saat ini memiliki kualitas yang tak kalah dengan daerah lain.

Seperti diketahui, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditunjuk sebagai tuan rumah bersama penyelenggaraan Popnas 2021, total 24 cabor yang dipertandingkan.

Sumsel kebagian jatah 18 cabor meliputi anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bola voli indoor, bulutangkis, dayung, gulat, pencak silat, renang, sepakbola, sepak takraw, senam, taekwondo, tenis, tenis meja, wushu dan kempo.

Sementara itu Babel akan menyelenggarakan enam cabor, yakni judo, karate, panahan, panjat tebing, voli pasir dan tinju.



Komentar
Banner
Banner