Nasional

Tangani Karhutla 4 Kecamatan di Kapuas, Puluhan Personel Gabungan Kembali Dikerahkan

Puluhan personel gabungan kembali diterjunkan untuk menangangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah kecamatan Kabupaten Kapuas.

Featured-Image
FOTO : Puluhan personel gabungan dikerahkan tangani karhutla di 4 kecamatan Kapuas.

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Puluhan personel gabungan kembali diterjunkan untuk menangangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah kecamatan Kabupaten Kapuas, Kalteng, Rabu (11/10/2023).

Keberangkatan personel gabungan penanganan karhutla tersebut dilepas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga yang juga Ketua Harian Satgas Karhutla Kapuas di markas Kantor BPBD Jalan Kasturi Kuala Kapuas.

"Personel pos lapangan yang kita berangkatkan hari ini terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Satpol PP dan Damkar serta Balakar 545," kata Panahatan Sinaga usai acara pelepasan.

Menurut Panahatan, dikerahkannya kembali puluhan personel tersebut dalam rangka penanganan tanggap darurat karhutla di 4 kecamatan meliputi Kecamatan Dadahup, Kapuas Murung, Kapuas Timur dan Kecamatan Mantangai.

"Jumlah personel yang ditugaskan untuk masing-masing pos lapangan di 4 kecamatan berjumlah 20 personel. Penugasannya mulai 11 sampai 15 Oktober 2023," ujarnya.

Panahatan meminta seluruh personel gabungan yang bertugas di posko lapangan dan posko induk agar selalu bersinergitas satu dengan yang lainnya serta selalu aktif melaksanakan giat pemadaman karhutla.

"Termasuk juga melakukan pencegahan karhutla dengan melaksankan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat," beber Panahatan.

"Kita menargetkan dengan adanya penambahan personel posko induk dan penguatan personel di pos lapangan dapat mengurangi eskalasi kejadian karhutla sekitar 80 persen di Kabupaten Kapuas," pungkasnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner