kesehatan mental

Tanda-Tanda Sudah Toxic pada Diri Sendiri yang Jarang Disadari

Banyak orang yang belum mengetahui ternyata hubungan toxic dapat terjadi pada diri sendiri.

Featured-Image
Ilustrasi toxic pada diri sendiri (Foto: dok. IDN

bakabar.com, JAKARTA - Tidak hanya terjadi kepada pasangan yang menjalin ikatan asmara, hubungan tidak sehat ini dapat terjadi di antara teman, rekan kerja di kantor bahkan kepada atasan.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui ternyata hubungan toxic dapat terjadi pada diri sendiri.

Berikut ini adalah tanda bahwa Anda sedang mengalami hubungan toxic dengan diri sendiri:

1. Berbohong pada diri sendiri

Perasaan ini terjadi ketika Anda menolak untuk mengakui perasaan sendiri karena Anda takut hal tersebut berujung mengecewakan.

Setelah berada dalam fase penolakan, Anda akan berpura-pura bahwa semuanya seakan baik-baik saja padahal berbeda dengan kenyataan yang sedang terjadi.

Penelitian menjelaskan bahwa semakin seseorang tenggelam dalam kebohongan pada diri sendiri, maka ia akan semakin jauh dari orang-orang disekitarnya.

Berbohong pada diri sendiri juga terbukti merugikan karena kemajuan yang ada di diri sendiri didorong oleh pandangan masa lalu dan masa sekarang.

2. Fokus pada Hal negatif

Anda merasa tidak mampu untuk mencapai impian atau cita-cita. Hal itu terjadi karena Anda tidak yakin terhadap diri sendiri, meragukan kemampuan diri serta merasa tidak pantas untuk meraihnya.

Pikiran negatif  yang sudah meracuni pola pikir, akan menghambat perkembangan diri Anda.

3. Suka membandingkan diri dengan orang lain

Merasa diri selalu kurang, tidak sebaik orang lain dan membandingkan diri dengan orang lain adalah tanda selanjutnya bahwa Anda sedang toxic dengan diri sendiri.

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan tidak ada satu orangpun yang sempurna.

Maka dari itu, membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang percuma. Lebih baik Anda fokus dan tingkatnya potensi diri.

4. Terlalu kritis pada diri sendiri

Menuntut diri secara keras agar menjadi lebih baik. Terkadang, selalu mendorong diri untuk bekerja secara maksimal dan tidak memaklumi jika terjadi kesalahan sedikitpun adalah hal yang toxic.

Alhasil, Anda menyalahkan dan mengkritik diri karena sesuatu yang diinginkan tidak tercapai secara maksimal. Ini adalah perilaku yang toxic sehingga membuat hidup Anda terbebani.

Belajarlah untuk menerima kesalahan dalam diri kita dan belajarlah dari kesalahan tersebut.

5. Memprioritaskan orang lain di atas diri sendiri

Memiliki rasa empati yang tinggi dan peduli dengan orang sekitar adalah tindakan positif. Namun, jangan sampai Anda mengorbankan diri sendiri hanya untuk menyenangkan orang lain. Selalu mengalah dan mengabaikan diri sendiri termasuk dalam hal yang toxic.

Editor
Komentar
Banner
Banner