BMW

Tampil di Munas dan IBF, Yuk Intip Kelebihan Mobil Listrik BMW iX

Mobil listrik BMW iX muncul di kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) dan Indonesian Bimmerfest (IBF) 2022.

Featured-Image
Tampil di Munas dan IBF, Yuk Intip Kelebihan Mobil Listrik BMW iX. (Foto: dok. BMW Group)

bakabar.com, JAKARTA - Mobil listrik BMW iX muncul di kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) dan Indonesian Bimmerfest (IBF) 2022.

BMW iX merupakan hasil dari keunggulan teknologi baru BMW Group dalam menghadirkan inovasi yang berkaitan dengan kendaraan listrik dan digitalisasi.

Mengusung teknologi eDrive generasi kelima, BMW iX, memungkinkan kenikmatan dan pengalaman berkendara bebas emisi dengan penggerak semua roda elektrik dengan jangkauan jarak yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehari-hari.

Mobil itu merupakan Sport Activity Vehicle modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman, luas dan kemewahan minimalis ala BMW.

Baca Juga: BMW Kembali Mengadakan Indonesia Bimmerfest di Yogyakarta

Di Indonesia sendiri model varian yang diluncurkan adalah BMW iX xDrive40. Memiliki output lebih dari 326 hp, memungkinkan unit ini untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,1 detik. 

Motor listrik di BMW iX hadir dengan desain yang memungkinkan menghindari penggunaan bahan langka. Komponen ini bertujuan untuk meningkatkan dinamisme unit tersebut.

Cara kerja komponen itu sesuai dengan prinsip motor sinkron eksitasi arus. Eksitasi rotor di motor BMW iX tidak diinduksi oleh magnet permanen tetap, tetapi melalui energi listrik.

Hal itu bertujuan untuk menghilangkan kebutuhan akan bahan penting yang digunakan untuk memproduksi magnet, oleh karena itu BMW tidak bergantung pada ketersediaannya.

Baca Juga: BMW Astra Menjadi Partner Resmi Turnamen Golf Indonesia Masters

Eksitasi rotor yang dikontrol secara presisi dengan menggunakan tenaga listrik memungkinkan torsi puncak untuk di tekan secara penuh segera saat ditarik.

Tidak seperti motor listrik dengan desain konvensional, torsi tersebut dipertahankan pada pita putaran yang sangat lebar.

Untuk konsumsi daya listrik, BMW iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh per 100 kilometer.

Baterai BMW iX

Seperti motor listrik, elektronika daya, dan teknologi pengisian daya untuk BMW iX, baterai tegangan tinggi juga merupakan produk dari teknologi BMW eDrive generasi kelima. 

Baca Juga: BMW Donasi Rp350 Juta untuk Revitalisasi RPTRA Rorotan Indah

Diposisikan di bawah lantai kendaraan sebagai komponen integral dari bodi. Kepadatan energi gravimetri baterai lithium-ion telah meningkat sekitar 20% dibandingkan baterai generasi sebelumnya.

Sel baterai diproduksi sesuai dengan spesifikasi yang tepat dari BMW Group dan diintegrasikan ke dalam baterai tegangan tinggi model khusus. 

Oleh karena itu, unit baterai BMW iX xDrive40 memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 70 kWh hasilkan jangkauan yang dihitung WLTP hingga 420 kilometer. 

Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi. 

Baca Juga: Pertama di Kabupaten Bone, Honda Meresmikan Dealer Perdana

BMW iX xDrive40 dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti mobil tersebut dapat mengisi daya selama 10 menit sehingga menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 90 km.

Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 0% ke 80% dalam waktu kurang dari 34 menit.

Editor


Komentar
Banner
Banner