Megaproyek IKN

Tak Seperti Jakarta, IKN Bakal Bersih dari Semrawut Kabel!

Tak seperti Jakarta, Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal bersih dari kabel. Kepala otorita, Bambang Susantono menjaminnya.

Featured-Image
Pekerja menyelesaikan pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/nym.

bakabar.com, JAKARTA - Tak seperti Jakarta, Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal bersih dari kabel. Kepala otorita, Bambang Susantono menjaminnya.

"Tidak ada kabel berseliweran. Semuanya di bawah tanah," katanya dalam Sustainable Action for Future Economy (SAFE) 2023 di Jakarta, Selasa (26/9) tadi.

Ia memastikan, semua instalasi ditata dengan baik di dalam tanah. Apakah itu kabel listrik maupun fiber optik. Jadi, kota bakal terlihat rapi dan tak membahayakan. "Jadi tidak ada orang kecelakaan karena kabel di atas," imbuhnya.

Baca Juga: IKN Tak Boleh Dilalui Kendaraan BBM!

Saat ini penataan kabel-kabel di kawasan IKN masih dilakukan oleh Kementerian PUPR. Melalui Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN. Mereka menggunakan konsep terowongan multi utility tunnel (MUT).

Realisasi pemasangannya rata-rata sudah mencapai 40 persen per Agustus tadi. Lokasinya di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Timur.

Posisi MUT dipasang di bawah tanah atau jalan. Dengan kedalaman kurang lebih 1,5 hingga 2 meter.

Baca Juga: Top! 2024 Bakal Ada Taksi Terbang di IKN

Adapun total panjang MUT yang terpasang di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat sekitar 20 kilometer.

Sedangkan MUT yang direncanakan untuk jalan-jalan lainnya memiliki total panjang sekitar 14 kilometer.

Biar tahu saja. Teknologi MUT mengakomodir tiga hal. Pertama adalah saluran drainase jalan. Kedua pipa air minum dan hal-hal yang tidak berkaitan dengan listrik. Ketiga untuk jaringan kabel listrik dan internet ditempatkan di kompartemen terpisah.

Editor


Komentar
Banner
Banner