Megaproyek IKN

Top! 2024 Bakal Ada Taksi Terbang di IKN

Taksi terbang diwacanakan ada di Ibu Kota Nusantara (IKN). Uji cobanya bakal dilakukan tahun depan.

Featured-Image
Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal melakukan uji coba taksi terbang, Agustus 2024 nanti. Foto: www.klein-vision.com

bakabar.com, JAKARTA - Taksi terbang diwacanakan ada di Ibu Kota Nusantara (IKN). Uji cobanya bakal dilakukan tahun depan.

"Uji coba taksi terbang dilakukan sebelum HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi DPR RI, Jakarta, dikutip, Rabu (20/9).

Otorita IKN mulai menyiapkan segala kebutuhannya. Seperti landasan taksi terbang, helipad dan beberapa hal yang menunjang uji coba nanti.

Baca Juga: Megaproyek IKN Terkendala Pembebasan Lahan, Revisi UU Mendesak!

"Kami melakukan proof of concept. Harus dibuktikan bahwa ke andalan teknologi tersebut bagus," tuturnya.

Melalui Intelligent Transport System (ITS), mobil elektrik atau kendaraan otonom membawa penumpang ke helipad taksi terbang. Dan ini dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi.

"IKN menerapkan ITS mulai dari kendaraan otonom, bus listrik dan seterusnya," lanjut Ali.

Moda taksi terbang ini masih dalam taraf pengembangan. Kata Ali, sumber daya manusia (SDM) Indonesia mesti bisa menguasai teknologi ini.

Baca Juga: Otorita IKN Minta Tambahan Belanja Hingga Rp3,1 Triliun

Selain itu perusahaan-perusahaan nasional yang diajak kerja sama bisa mengembangkan kapasitasnya. Terutama dalam hal penguasaan teknologi taksi terbang.

"Menurut saya momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN. Dan harus dimanfaatkan. Kami berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan dan ada peningkatan kapasitas SDM Indonesia," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner