Nasional

Tak Semua Ikut Swab Massal di Tanbu, Cuncung: Petugas Harus Proaktif

apahabar.com, BATULICIN – Swab masal gratis yang diinisiasi Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan target 10.000 orang…

Featured-Image
Anggota DPR RI, Syafruddin H Maming. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – Swab masal gratis yang diinisiasi Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan target 10.000 orang sudah dimulai.

Kabupaten Tanah Bumbu mendapat target sebanyak 1.064 swab yang dilaksanakan sejak kemarin, yakni 14 Agustus 2020 hingga 17 Agustus 2020.

Jumlah target tersebut sesuai hasil tracing kasus yang akan dilaksanakan di setiap puskesmas yang ada di kecamatan di Tanah Bumbu.

Di hari pertama pelaksanaan swab dilakukan di Kecamatan Kusan Hilir yaitu di Puskesmas Perawatan Pagatan dan Puskesmas Pulau Tanjung dengan jumlah target 173 orang.

Fakta di lapangan hanya ada 123 orang yang hadir dan mengikuti swab. Karena sebagian target tidak datang.

Menanggapi hal ini, anggota DPR RI, Syafruddin H Maming, meminta kepada pemerintah daerah dan semua petugas pelaksana swab agar lebih gencar mensosialisasikan hal itu kepada masyarakat.

“Tim harus lebih intens memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada target orang yang bakal diswab, sehingga mereka hadir dan mengikuti swab itu,” ujar Cuncung sapaan akrabnya kepada bakabar.com, Sabtu (15/8).

Cuncung sangat mendukung dengan swab masal yang diinisiasi Pemprov untuk seluruh kabupaten di Kalsel. Khususnya di Tanah Bumbu untuk menemukan kasus tersembunyi dan mempercepat penanganan Covid-19.

Namun menurutnya kalau peserta yang diswab tidak memenuhi target atau banyak yang tidak datang, akan sayang karena menjadi tidak maksimal.

“Karena itulah sosialisasi harus benar-benar dilakukan, agar peserta yang ditarget lebih paham, sehingga pelaksanaan swab sesuai target dan itu untuk kebaikan semua,” tuturnya.

“Berikan pemahaman yang lebih baik. Ini demi kebaikan semua, agar percepatan penanganan Covid-19 di daerah bisa maksimal,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner