Tak Kalah Seram dari Saranjana, 3 Wilayah di Kalimantan Ini Dikenal Angker dan Penuh Aura Mistis

Saranjana di Kotabaru belum lama ini menjadi sorotan setelah tersebarnya foto seorang perempuan dengan background kota gaib tersebut.

Featured-Image
Saranjana di Kotabaru belum lama ini menjadi sorotan setelah tersebarnya foto seorang perempuan dengan background kota gaib tersebut. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Saranjana di Kotabaru kembali menjadi sorotan, setelah tersebarnya foto seorang perempuan dengan background kota gaib tersebut.

Sosok pemilk foto dengan penampakkan kota gaib Saranjana itu diketahui seorang perempuan yang berprofesi sebagai dokter di Kotabaru bernama Devi.

Dilansir dari berita sebelumnya, foto itu awalnya diabadikan oleh sang suami ketika mereka berwisata ke puncak Bukit Mamake, Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Namun nyatanya tidak hanya Devi yang mengalami beberapa hal mistis tentang kota gaib tersebut. Beberapa warga sekitar bahkan artis Tanah Air juga sempat mengalami hal yang tak kalah seram.

Pulau Kalimantan sejatinya memang memilki kisah-kisah atau urban legend di beberapa lokasi. Apalagi Kalimantan dikenal dengan sebagai wilayah yang memiliki banyak hutan.

Tidak mengherankan kalau di balik keindahan hutan rimba yang menawan, ditemukan pula destinasi-destinasi angker.

Setidaknya terdapat tiga wilayah di Kalimantan yang tak kalah seram dari Saranjana. Dilansir dari idntimeskaltim, berikut ulasannya:

1. Padang 12

Padang 12
Padang 12

Tempat angker di Kalimantan yang satu ini terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan, dekat dengan Pantai Tanjung Baru di Kalimantan Barat (Kalbar).

Dari mitos yang beredar, kabarnya Padang 12 bisa dikatakan merupakan tempat yang gaib yang dipercaya masyarakat bahwa memiliki peradaban yang lebih maju daripada manusia saat ini.

Bagi orang awam, wilayah yang berada di antara Kecamatan Pesaguan dan Kecamatan Kendawang ini hanya berupa tanah kosong seluas 12 kilometer yang dipenuhi dengan pohon ilalang, pohon pinus, layaknya sebuah padang rumput.

Kabarnya orang yang mendiami Padang 12 tersebut dinamakan orang kebenaran. Menurut masyarakat, mereka adalah jin muslim yang dikenal agamis dan taat beribadah.

2. Sungai Belayan

Sungai Belayan merupakan tempat angker di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan anak sungai dari Sungai Mahakam. Foto-okezone
Sungai Belayan merupakan tempat angker di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan anak sungai dari Sungai Mahakam. Foto-okezone

Sungai Belayan merupakan tempat angker di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan anak sungai dari Sungai Mahakam. Konon di lokasi ini dikenal dengan tempat berkumpulnya hantu kuyang. Kuyang memang bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari Bali, Sumatera Barat, dan Kalimantan.

Namun, banyak diketahui masyarakat bahwa keberadaan kuyang banyak ditemukan di Kaltim. Biasanya mereka terlihat di di pinggiran Sungai Belayan, Kutai Kartanegara, dan wilayah-wilayah lainnya.

Hantu kuyang ini memang banyak meresahkan masyarakat, lantaran cara bertahan hidupnya dengan mencari tumbal.

Tumbal yang ditangkapnya yakni perempuan hamil atau yang baru saja melahirkan, bayi dan bahkan mayat bayi yang baru saja dimakamkan yang akan dihisap darahnya sampai lemas.

3. Sungai Kunjang

Sungai Kunjang
Sungai Kunjang

Lokasi terakhir adalah sungai Kunjang, terletak di Samarinda Kaltim. Konon sungai ini dipercaya masyarakat sebagai tempat beradanya sosok kuyang.

Selain itu, di pinggiran sungai, bahkan kuyang bisa menyambangi rumah masyarakat sekitar. Menurut masyarakat, beberapa tahun lalu tepatnya di bulan Februari 2017 muncul penampakan hantu yang mirip seperti kuyang.

Editor
Komentar
Banner
Banner