Bisnis

Suzuki New XL-7 Hybrid, SUV Keluarga Ramah Lingkungan

Mobil Suzuki New XL-7 Hybrid resmi meluncur di pasar otomotif Kalimantan Selatan (Kalsel).

Featured-Image
Suzuki New XL-7 Hybrid resmi diluncurkan di pasar otomotif Kalsel. Foto: istimewa.

bakabar.com, BANJARMASIN - Mobil Suzuki New XL-7 Hybrid resmi meluncur di pasar otomotif Kalimantan Selatan.

Hal itu ditandai dengan launching yang dilaksanakan Mitra Suzuki di salah satu resto di Banjarmasin, Sabtu (17/6). 

Sebagai kendaraan utilitas sport (SUV) dengan tujuh penumpang dan ramah lingkungan, mobil ini sudah dilengkapi teknologi hibrida pertama di kelasnya.

Juma, salah seorang yang berkesempatan melakukan tes drive Suzuki New XL-7 Hybrid, mengungkapkan jika mobil ini memang benar-benar diciptakan untuk keluarga Indonesia, kenyamanan penumpang terasa di berbagai aspek.

Paling terasa nyaman soal putaran mesin di awal yang sedikit lebih enteng.

“Kondisinya seakan membuat laju XL7 Hybrid lebih sigap atau responsif. Apalagi ketika pedal gas langsung ditekan habis alias kickdown,” ujarnya. 

Sementara secara handling, lanjut Juma, tak mengalami perubahan signifikan. “Karakater bantingan suspensi tergolong masih lembut,” akunya.

Adapun saat bermanuver juga masih cukup baik lantaran radius putar yang hanya 5,1 meter. Keberadaan fitur hill hold control sangat membantu menahan gerak mobil sejenak ketika berhenti di tanjakan.

Cara kerja dari SHVS sendiri dibantu dengan dua komponen penting, yakni baterai lithium dan Integrated Starter Generator (ISG).

Keberadaan keduanya membuat efisiensi yang dihasilkan XL-7 Hybrid diklaim lebih optimal melalui fitur engine auto stop. Untuk engine auto stop merupakan fitur pintar yang secara otomatis dapat mematikan mesin saat mobil berhenti. 

Mesin akan kembali menyala atau re-start, melalui tenaga yang tersimpan pada baterai ke ISG. Peran ISG sendiri, menambah tenaga ke mesin untuk mendapatkan putaran yang lebih ringan saat berakselerasi.

Ketika berkendara normal, baterai akan menghentikan pasokan tenaga ke ISG, dan ketika melakukan deselerasi atau perlambatan, akan dimanfaatkan untuk mengisi daya ke baterai.

Regional Sales Manager PT SIS Aliftia Rizki Annisa menyampaikan, New XL-7 Hybrid ini merupakan aktualisasi komitmen pihaknya yang berupaya memenuhi kebutuhan akan SUV ramah lingkungan untuk mobilitas keluarga modern sehari-hari.

”Suzuki telah memperkenalkan XL-7 sejak 2020 dan langsung menerima sambutan yang hangat di publik Indonesia, hingga menjadi salah satu unggulan Suzuki sampai sekarang. New XL-7 Hybrid ini adalah wujud kesinambungan kontribusi Suzuki terhadap dunia yang berkelanjutan,” katanya.

Daya tarik yang terdapat pada New XL-7 Hybrid meliputi sejumlah pembaruan pada sektor dapur pacu, tampilan eksterior, kelengkapan interior, serta fitur keselamatan.

Sekarang New XL-7 Hybrid menggunakan mesin K15B yang dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

SHVS meliputi 2 komponen penting, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin 1.500cc.

“Untuk harga mulai Rp290 jutaan, dan tertinggi Rp300 juta lebih,” ungkap Sales Head Banjarmasin M Ary Saputra.

New XL7 Hybrid sudah dapat dipesan di semua cabang Dealer Mitra Suzuki yang berada di seluruh Wilayah Kalimantan Selatan. Selain itu, pada tanggal 8–9 Juli nanti, Mitra Suzuki akan mengadakan pameran yang menampilkan New XL7 Hybrid untuk pertama kalinya di Atrium Duta Mall Banjarmasin.

“Selama kegiatan tersebut akan banyak program dan promo penjualan yang akan ditawarkan,” bebernya. (Advertorial)

Editor


Komentar
Banner
Banner