News

Super Friends & Bold Riders Batulicin Berbagi Daging Kurban ke Pekerja Jalanan

apahabar.com, BATULICIN – Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Batulicin yakni Super Friends dan Bold…

Featured-Image
Super Friends dan Bold Riders melaksanakan kurban 2 ekor kambing. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN - Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Batulicin yakni Super Friends dan Bold Riders melaksanakan kurban 2 ekor kambing dalam rangka merayakan Iduladha 1443 Hijriah.

Mengusung tema ‘KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang’, daging kurban disalurkan kepada pekerja jalanan menggunakan wadah ramah lingkungan berupa daun pisang.

Koordinator Super Friends Batulicin, Rommy Sandhika Gunawan mengatakan penyembelihan satu ekor kambing oleh Barito Mania (Bartman) yang merupakan anggota Super Friends telah digelar lebih dulu pada Sabtu, 9 Juli 2022 di komplek perumahan Ar-Raudah, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Sebanyak 37 paket daging kurban dibungkus menggunakan daun pisang sebagai upaya komunitas mengurangi penggunaan sampah plastik.

Lalu dibagikan kepada pekerja di jalanan seperti tukang becak, pemulung, pembersih jalan dan pedagang kali lima.

“Sebagian anggota komunitas turun langsung untuk membagikan daging kurban kepada pekerja di jalanan. Walau tidak semua anggota hadir karena sedang bekerja, semoga kegiatan ini bisa membuat komunitas ini lebih solid dan rasa kekeluargaan yang lebih kuat,” ucap Rommy.

Rommy menambahkan Super Friends Batulicin yang saat ini beranggotakan 60 orang, kerap melaksanakan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

Di antaranya penggalangan dana untuk korban bencana alam serta bersih-bersih sampah di taman dan fasilitas umum.

“Barito Mania Batulicin juga beberapa kali menggelar kompetisi futsal, mulai dari pertandingan antaranggota, hingga perlombaan tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,” katanya.

Sementara itu, penyembelihan satu ekor kambing oleh Bold Riders Batulicin dilaksanakan di basecamp CB Rawon di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu selepas salat ied pada Minggu, 10 Juli 2022.

Sebanyak 35 paket daging kurban dibungkus dengan daun pisang dan dibagikan kepada tukang becak, pedagang kaki lima dan juru parkir.

Alif Rifai, Koordinator Bold Riders Batulicin berharap kegiatan kurban ‘KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang’ ini bisa mempersatukan komunitas-komunitas motor di Tanah Bumbu, sehingga ke depannya keberadaan klub motor bisa lebih bermanfaat untuk sesama.

Bold Riders Batulicin saat ini beranggotakan lima klub sepeda motor yaitu Bold Riders SMI Chapter Batulicin, HSFCI Batulicin, TOB Batulicin, YR15FCI Tanah Bumbu dan CB Rawon. Adapun jumlah anggota mencapai 153 orang.

“Beberapa kegiatan sosial lain yang pernah dilaksanakan Bold Riders Batulicin, di antaranya bakti sosial tanggap bencana dan pembagian takjil gratis saat bulan Ramadan,” imbuh Alif.

KITA Berbagi 2022 Tebar 637 Ekor Hewan Kurban

Program KITA Berbagi 2022 serentak dilaksanakan di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pada program ini, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan.

Di mana seluruh komunitas menggunakan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati dan daun pisang untuk membungkus paket daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya.

Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Hingga saat ini sebanyak 10.583 paket daging kurban dengan wadah ramah lingkungan telah dibagikan ke masyarakat. Data ini adalah jumlah sementara dan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan.



Komentar
Banner
Banner