News

Sudirman Said Minta Jokowi Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Tak Boleh Memihak

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyebut Presiden Jokowi harus menyelenggarakan pemilu dengan bebas rahasia

Featured-Image
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said (Foto: apahabar.com/Daffaaldi)

bakabar.com, JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta Presiden Jokowi memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan baik, bebas dan rahasia.

"Bahwa yang paling baik itu kalau beliau betul-betul fokus menyiapkan pemilu. Menyelenggarakan pemilu dengan luber, langsung umum bebas rahasia," kata Sudirman Said dalam acara Ngopi Dari Sebrang Istana, di Gondangdia, Minggu (18/12).

Said menambahkan Presiden Jokowi tidak boleh memiliki kecenderungan keberpihakan kepada pihak tertentu karena akan menimbulkan preseden yang kurang baik.

"Dan itu musti diingatkan kembali bahwa ia seseorang yang sudah akan selesai masa jabatannya. Jadi jangan punya kecenderungan kepada pihak tertentu, itu akan menjadi preseden yang kurang baik," ujarnya.

Baca Juga: Blak-blakan Denny Alasan Partai Ummat Tak Lolos Pemilu 2024

Kendati begitu, Said menjelaskan salah satu kunci keberhasilan pemilu yakni penyelenggara negara harus berpihak kepada kepatutan dan kewajaran.

"Dan itu saya kira kita semua berdoa supaya transisi ini berjalan baik, kemudian pemilu berjalan baik, dan salah satu kuncinya adalah kalau penyelenggara negara betul-betul berpihak kepada kepatutan kepada kewajaran," imbuhnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner