Kalsel

Sudah Dirujuk ke Abdul Aziz, Kondisi Batola-01 Masih Tanpa Gejala

apahabar.com, MARABAHAN – Sama seperti ketika dinyatakan positif Covid-19, kondisi pasien Barito Kuala (Batola)-01 (Btl-01) masih…

Featured-Image
Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, memeriksa ruang isolasi di RSUD Abdul Aziz Marabahan yang disiapkan untuk perawatan awal pasien positif Covid-19. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Sama seperti ketika dinyatakan positif Covid-19, kondisi pasien Barito Kuala (Batola)-01 (Btl-01) masih tanpa gejala.

Btl-01 merupakan pasien pertama yang dinyatakan positif dari Batola.

Pasien dari Kecamatan Wanaraya ini sudah dirujuk ke RSUD H Abdul Aziz Marabahan, Rabu (8/4), setelah hasil rapid test dan swab test menunjukkan positif.

Selama berada di ruang isolasi Abdul Aziz, Btl-01 ternyata masih tidak menunjukkan gejala.

Namun demikian, pengawasan dan pengobatan tetap dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Setelah dievakuasi dan dirawat, pasien tidak bergejala. Btl-01 juga sudah diperiksa dokter spesialis paru, serta dijaga tiga shift perawat mulai pagi, siang dan malam,” jelas Direktur RSUD Abdul Aziz, dr Faturrahman, Kamis (9/4).

Kendati pasien berusia 47 tahun tersebut tidak menunjukkan gejala, petugas tetap menjaga kewaspadaan.

“Segala kebutuhan pasien, baik makanan maupun obat, dikondisikan sekali masuk agar tidak buka tutup pintu,” beber Faturrahman.

“Sementara petugas gizi diharuskan masuk berbarengan dengan perawat dan dokter guna meminimalisir kontak,” imbuhnya.

Btl-01 merupakan hasil rapid test yang dilakukan sejak 2 April. Pengetesan dilakukan kepada sejumlah warga yang melakukan perjalanan ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Mereka sedianya mengikuti Ijtima Ulama Sedunia. Namun acara itu dibatalkan pemerintah setempat gara-gara pandemi Covid-19.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.



Komentar
Banner
Banner