Piala AFF 2022

Shin Tae-yong Sebut Piala AFF Sebagai Piala Dunianya Negara ASEAN

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut Piala AFF 2022 sebagai Piala Dunia bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN)

Featured-Image
Shin Tae Yong bersama dengan pemain Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto saat menghadiri press conference jelang laga perdana skuad Garuda (Foto: apahabar.com/Farhan)

bakabar.com, JAKARTA – Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan turnamen Piala AFF sebagai Piala Dunia bagi negara-negara di Kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengatakan kompetisi turnamen Piala AFF juga sudah sangat terkenal bagi pencinta sepak bola di kawan ASEAN.

“Piala AFF ini memang bisa disebut Piala Dunia ASEAN atau Asia Tenggara. Begitu popular sekali,” kata Shin Tae-yong disela-sela konferensi pers menjelang pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja, Kamis (22/12).

Dirinya pun juga menyinggnug banyaknya media asal Korea Selatan yang meliput Piala AFF edisi kali ini. Terlebih, di edisi Piala AFF tahun ini terdapat tiga pelatih asal Negeri Gingseng yang saling beradu strategi.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Semakin Dekat dengan Klub Liga Arab Saudi

Selain Shin Tae-yong, ada dua pelatih asal Korea Selatan yang berkompetisi di Piala AFF 2022. Mereka adalah Park Hang Seo bersama Vietnam dan Kim Pan Gon bersama timnas Malaysia.

Lebih lanjut, pelatih berusia 52 tahun itu mengakui kalau kini banyak warga Korea Selatan yang tertarik untuk menyaksikan persaingan di Piala AFF 2022.

“Memang sebelumnya (Piala AFF) tidak begitu diketahui di Korea Selatan, tetapi dengan kehadiran tiga pelatih Korea, media-media Korea pun turut memperhatikan ini,” tuturnya.

“Apalagi nama-nama pelatih Vietnam dan Malaysia pun lumayan baik juga, jadi lebih banyak perhatian dari media Korea. Menurut saya ketiga pelatih ini memang harus menunjukkan yang terbaik,” Kata Shin menambahkan.

Baca Juga: Erik Ten Hag Harap Marcus Rashford Tetap Konsisten di Manchester United

Dengan adanya dua pelatih berkebangsaan Negeri Gingseng itu di Piala AFF tahun ini, Shin Tae-yong semakin tertantang agar Indonesia bisa meraih gelar juara di Piala AFF 2022.

“Saya juga akan menjadi pelatih yang sangat bekerja keras untuk ini dan akan berusaha lebih agar menunjukkan sepak bola Indonesia maju jauh lebih baik daripada sebelumnya,” pungkasnya.

Adapun Timnas Merah Putih tergabung dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama dengan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Myanmar.

Tim besutan Shin Tae-yong akan menjalani laga perdana di fase grup melawan Kamboja, pada 23 Desember 2022 esok hari yang merupakan pertandingan pertama timnas di Piala AFF 2022.

Editor


Komentar
Banner
Banner