Olahraga

Strategi PSSI Agar Piala Dunia U-17 Tak Sepi Penonton

Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI Ratu Tisha memaparkan strategi-strategi agar meningkatkan jumlah penonton saat gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo.

Featured-Image
Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI Ratu Tisha. Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI Ratu Tisha memaparkan strategi-strategi agar meningkatkan jumlah penonton saat gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo.

Tisha mengatakan bahwa meningkatkan jumlah penonton seperti analogi periodisasi pemain.

"Ini seperti analogi periodisasi pemain. Ini harus perlahan-lahan grow up," katanya Selasa, (14/11).

Meski demikian, Tisha menyebut pada pertandingan piala dunia U-17. Penonton dapat merasakan gaya nonton pertandingan sepak bola yang berbeda.

Baca Juga: Pengamat Ungkap Penyebab Piala Dunia U-17 Sepi Penonton

Misalnya ada pedagang asongan yang telah didandani dalam stadion. Sehingga penonton bisa membeli disitu bisa keluar, bisa masuk dan kembali asal tutup botolnya dibuka.

"Inikan tidak pernah dialami kita. Biasanya kita tidak diperbolehkan hal tersebut. Jadi ini memang juga memperkenalkan kenyamanan penonton seperti apa. Mengubah gaya menonton sepak bola seperti apa. Mudah-mudahan ini menjadi batu lompatan ke pertandingan yang akan kita gelar nanti di kompetisi domestik dan kompetisi internasional," katanya.

Tisha menyebut upaya-upaya promosi juga terus dimasifkan untuk menarik penonton ke stadion.

"Pemain-pemain kita minta untuk lebih bercerita. Karena cerita serunya dari mereka dan angel dari mereka yang memang berbeda daripada kita," jelasnya.

Beberapa kerjasama juga ditingkatkan dalam hal penjualan tiket. Salah satu strateginya akan melayani penjualan tiket dalam jumlah besar.

Baca Juga: PSSI Buka Suara Terkait Rumput JIS Dinilai Buruk di Piala Dunia U-17

"Koordinasi dengan kemendikbud sangat baik dan itu kita akan tingkatkan nantinya menginspirasi sekolah-sekolah. Sehingga itu mix warna penontonnya. Ada yang baru pertama kali ke stadion, ini berbeda situasinya. Jadi mix ini, itu fenomena yang semoga dapat mendongkrak penonton sampai final," tandasnya.

Sekadar tahu saja, dua laga fase Grup B Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan Solo beberapa waktu terakhir masih minim dari penonton.

Dua laga grup ini hanya diisi sekitar 6 ribuan penonton, dari kapasitas Stadion Manahan sebanyak 20 ribu penonton.

Editor
Komentar
Banner
Banner