Pengembangan Peternakan

Strategi Distanak Dorong Populasi Hewan Ternak di Kukar

Distanak Kukar menyalurkan ratusan bibit ternak sepanjang tahun 2023, sebagai upaya meningkatkan jumlah ternak di Kukar.

Featured-Image
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kutai Kartanegara (Kukar) menyalurkan ratusan bibit hewan ternak sepanjang tahun 2023, sebagai upaya meningkatkan jumlah ternak di daerahnya.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali langkah ini akan mendorong peningkatan jumlah ternak, agar berdampang positif pada peternakan di Kukar.

Aji Gozali mengatakan bantuan bibit ternak yang saat ini dibagikan terdiri dari ternak sapi dan kambing. Hal ini terus diupayakan karena sejauh ini, Kukar masih sangat bergantung pada pasokan daging dari daerah lain.

Baca Juga: Tingkatkan Pendapatan Desa, DPMD Kukar Gencarkan Pelatihan Pengurus BUMDes

untuk itu, Distanak Kukar sengaja mengambil bibit dengan kualitas unggul dari daerah lain, untuk dikembangkan di Kukar.

“Salah satu cara adalah dengan mengimpor ternak dengan bibit unggul dari luar daerah,” kata Aji Gozali, Kamis (26/10).

Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan memaksimalkan lahan bekas tambang sebagai lokasi peternakan sapi, termasuk mencoba mengintegrasikan perkebunan kelapa sawit sebagai wilayah peternakan.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

“Pemerintah juga telah memberikan sejumlah bantuan bagi peternak. Bantuan tersebut mencakup kandang ternak dan bibit-bibit ternak berbagai jenis,” terangnya.

Dalam pengembangannya, Pemkab melibatkan beberapa kelompok peternak di Kukar. Sejauh ini, mereka telah menerima sejumlah bantuan bibit ternak dari Distanak Kukar.

Baca Juga: Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Kukar Gencarkan Pelatihan Pengelola Wisata

Ada sekitar 115 bibit kambing uang dibagikan ke 4 kelompok ternak di tiga Kecamatan berbeda. Dua kelompok ternak di Kecamatan Marangkayu, satu kelompok ternak di Tenggarong, dan satu kelompok ternak di Anggana.

Selain kelompok yang menerima 115 bibit kambing tersebut, ada juga beberapa kelompok peternak yang menerima bantuan lain, seperti bantuan kandang ternak.

“Kita berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi para peternak dan juga bisa meningkatkan populasi ternak di Kukar,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner