Hot Borneo

Stok Cukup, Hewan Kurban di HSS Periksa Kesehatan Menyeluruh

Ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya IdulAdha 2023 tercukupi dan telah dilakukan pemeriksaan kesehatan di wilayah HSS.

Featured-Image
Peternakan sapi di Kandangan, HSS. Foto-apahabar.com/Ahmad Syaifin Nuha

bakabar.com, KANDANGAN - Ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya IdulAdha 2023 tercukupi dan telah dilakukan pemeriksaan kesehatan di wilayah Hulu Sungai Selatan (HSS).

Melalui Dinas Pertanian HSS, dokter hewan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang masuk ke Bumi Rakat Mufakat agar benar-benar sehat, aman serta layak konsumsi.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor menjelaskan bahwa stok hewan kurban baik sapi maupun kambing dipastikan cukup, karena telah didatangkan dari pulau Sulawesi dan Jawa.

"Melalui bidang peternakan, kita selalu melakukan pemantauan serta pemeriksaan kesehatan di 11 kecamatan yang ada," jelas Muhammad Noor, Rabu (28/6).

Tahun lalu, ada peningkatan atau surplus sebesar 39 ekor hewan kurban. Hal tersebut disebabkan adanya wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Jadi kita menggunankan kerbau, karena tidak bisa mendatangkan hewan kurban dari luar daerah," katanya.

Pihaknya mengatakan, IdulAdha tahun 2023 hewan kurban di HSS dipastikan aman dari virus PMK.

"InsyaAllah aman, petugas kami selalu mengawasi baik sebelum pelaksanaan hingga nanti akan diperiksa organ dalam hewan kurban," tandasnya.

Terpisah, salah satu peternak sapi Kandangan menjelaskan bahwa terjadi penurunan permintaan hewan kurban pada Idul Adha 2023.

"Tahun ini terjadi penurunan hampir 50 persen, totalnya di kandang kami ada sekitar 50 ekor sapi," ucap Harjoko.

Editor


Komentar
Banner
Banner