Skincare

Snail Mucin, Skincare Lendir Siput yang Bagus untuk Kulit

Pernah mendengar kandungan skincare dari lendir siput? Snail mucin dikenal sebagai salah satu kandungan skincare yang dapat mengatasi masalah kulit Anda.

Featured-Image
Snail Mucin, Kandungan Skincare yang Berasal dari Lendir Siput yang Bermanfaat bagi Kulit . Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Pernah mendengar kandungan skincare dari lendir siput? Snail mucin dikenal sebagai salah satu kandungan skincare yang dapat mengatasi permasalahan kulit Anda.

Snail mucin atau musin siput, merupakan perawatan kecantikan yang telah ada sejak lama. Meski beberapa tahun terakhir, tren ini kembali populer di Korea Selatan bahkan Indonesia.

Di Korea sendiri snail mucin banyak digunakan dalam bahan perawatan kulit, diketahui memiliki banyak manfaat agar tampak berhacaya.

Mirip dengan kandungan hyaluronic acid, snail mucin termasuk dalam golongan humektan, yang berfungsi melembabkan dan juga menghidrasi.

Snail Mucin, Salah Satu Kandungan Skincare dengan Segudang Manfaat bagi Kulit. Foto: Adobe Stock
Snail Mucin, Salah Satu Kandungan Skincare dengan Segudang Manfaat bagi Kulit. Foto: Adobe Stock

"Sangat baik bagi mereka yang membutuhkan untuk memperbaiki kulit, melembabkan dan perawatan kulit lainnya," ucap Karal Lal, D.O., M.S., FAAD, dokter kulit, melansir Prevention, Jumat (1/12).

Snail mucin merupakan produk perawatan kulit dengan komposisi unik dan menarik. Berasal dari lendir atau musin siput spesies siput taman (Cryptomphalus Aspersa), yang bergerak.

Lendir ini dikumpulkan dengan berbagai cara, dengan memproduksi lendir secara alami. Dalam pengumpulannya, para siput tidak mendapatkan tekanan atau disakiti sedikitpun.

Hal ini dilakukan secara alami dengan menempatkan siput di atas ruangan yang gelap dan tenang, membiarkan mereka berkeliaran dan menghasilkan lendir tersebut.

Manfaat Snail Mucin bagi Kulit

Manfaat Snail Mucin bagi Kulit. Foto: Stock Photo
Manfaat Snail Mucin bagi Kulit. Foto: Stock Photo

Divya Shokeen, seorang dokter kulit menyebutkan beberapa manfaat kandungan ini untuk kulit seperti melembabkan, menghidrasi serta regeneratif pada kulit.

"Uniknya, snail mucin Ini mengandung berbagai senyawa kimia yang bermanfaat seperti hyaluronic acid, glycoproteins, peptides, dan sedikit glycolic acid," ucap Dr. Shooken.

Kandungan snail mucin aman dan dapat digunakan untuk segala jenis kulit, baik kulit kering, normal, berminyak hingga berjerawat.

Snail mucin juga dikenal dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan guna mencegah penuaan.

Tak hanya sebagai perawatan kecantikan, lendir siput dikenal dapat menyembuhkan jerawat serta luka di kulit, serta menenangkan kulit setelah perawatan.

Tekstur Skincare Mengandung Snail Mucin. Foto: boniik
Tekstur Skincare Mengandung Snail Mucin. Foto: boniik

Bertekstur agak kental dan lengket, snail mucin mungkin tidak banyak disukai karena teksturnya. Tapi jika digunakan dengan benar, produk ini akan terasa nyaman di wajah.

Produk snail mucin hadir dalam berbagai bentuk, seperti serum, toner, bahkan pelembap. Dengan menggunakan secara rutin dan jangka panjang, dapat dirasakan manfaat yang optimal.

Anda dapat menggunakan produk ini setelah mencuci muka, oleskan produk tersebut pada wajah yang lembab, sehingga membantu meningkatkan penyerapan kelembapan pada kulit.

Meski sampai saat ini snail mucin masih belum terlihat efek samping dari penggunaannya. Tapi untuk meringankan risiko, ada baiknya melakukan tes alergi, dengan menggunakan produk tersebut pada bagian belakang telinga, untuk melihat reaksi produk tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner