Pemilu 2024

SMRC: Sejak Awal Jokowi Endorse Pencapresan Ganjar

Analis politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Presiden Jokowi sejak awal telah mengalirkan dukungan bagi pencapresan G

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah sekaligus capres PDIP Ganjar Pranowo meninggalkan Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4). FOTO/Setpres

bakabar.com, JAKARTA - Analis politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Presiden Jokowi sejak awal telah mengalirkan dukungan bagi pencapresan Ganjar Pranowo.

Bahkan dukungan atau endorsement Jokowi telah dialirkan sebelum PDI Perjuangan resmi mendukung Ganjar. 

“Saya kira cukup jelas bahwa Jokowi mendukung Ganjar sebagai calon presiden," kata Saidiman, Rabu (14/6).

Baca Juga: PDIP Klaim AHY Semringah Dinominasikan jadi Cawapres Ganjar

"Pertama, PDIP sudah memutuskan mengajukan Ganjar sebagai calon dan Jokowi masih merupakan kader PDIP,” sambung dia.

Saidiman menambahkan unggahan Ganjar tentang foto bersama Jokowi mengisyaratkan bahwa dukungan tak datang kemarin sore. Namun sejak lama dialirkan untuk Ganjar.

Sebab Jokowi meyakini bahwa Ganjar mampu melanjutkan program pembangunan Jokowi dan memiliki profiling yan relatif sama.

“Di antara tokoh-tokoh yang ada, Ganjar juga paling mungkin melanjutkan kebijakan Jokowi. Profil keduanya kurang lebih mirip,” jelasnya.

Baca Juga: Eks Anggota DPRD Kalsel Tagih Tanggung Jawab Jokowi Tuntaskan KM 171!

Semula Jokowi seringkali mengisyaratkan dukungan bagi Ganjar untuk berlaga di Pilpres 2024. Bahkan sebelum PDIP resmi mengusung Ganjar, Jokowi kerap melempar kode politik untuk mendukung Ganjar.

Salah satunya lewat sebutan 'pemimpin rambut putih' dan 'kerutan di wajah', yang dinilainya sebagai ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

Ganjar sebelumnya mengunggah foto dirinya dan Jokowi yang sedang duduk berdua di meja makan bundar yang di atasnya tersaji berbagai makanan, di antaranya sate dan sayur lodeh. Ada juga makanan pelengkap seperti kerupuk, kecap, dan buah-buahan.

Dalam foto itu, Jokowi berpakaian kemeja putih lengan panjang yang digulung dan Ganjar mengenakan kemeja batik. Jokowi tampak tersenyum sambil memandang ke arah Ganjar.

Editor


Komentar
Banner
Banner