Tak Berkategori

SMAN 1 Banjarbaru Gelar Gladi Bersih ANBK 2021

apahabar.com, BANJARBARU – Puluhan peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banjarbaru ikuti gladi bersih…

Featured-Image
Siswa SMAN 1 Banjarbaru saat gladi bersih ANBK 2021. Foto-apahabar.com/Istimewa.

bakabar.com, BANJARBARU – Puluhan peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banjarbaru ikuti gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, Kamis (9/9/2021).

Pelaksanaan ANBK sendiri selama 2 hari, sejak Rabu (8/9) hingga hari ini. Itu mengacu pada instruksi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan.

Diterangkan Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarbaru Vina Rahmiati melalui Plh Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarbaru Harpinto mengatakan, dari 50 peserta didik, 45 peserta utama dan 5 peserta adalah peserta cadangan secara teknis tidak ada masalah.

Lima peserta cadangan, menurut Harpinto, akan dimasukan dalam peserta utama bila terdapat peserta utama yang berhalangan hadir.

“Secara teknis tidak ada masalah dalam pelaksanaan ANBK, namun di hari pertama para peserta didik terpaksa harus mengulang kembali menjawab soal dikarenakan saat Log Out malah kembali ke awal lagi,” kata Harpinto.

Hal ini membuat pelaksanaan yang harusnya selesai pukul 09.40 wita terpaksa kembali di ulang. Selain masalah itu, ada juga aduan dari peserta didik terkait beberapa soal yang keluar sama.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan ANBK, materi yang diberikan kepada peserta didik adalah materi dari pusat yang terdiri dari literasi, numerasi dan survei belajar.

Namun yang diperuntukan untuk peserta didik adalah materi literasi dan numerasi, sementara survei diperuntukan kepada para pendidik. “Untuk pendidik akan dilakukan secara mandiri,” ujarnya.

Lantas, bagaimana untuk peserta didik yang isolasi atau terpapar Covid-19? “Untuk teknis bagi peserta yang tidak bisa hadir dikarenakan terpapar Covid-19, hingga saat ini belum ada aturan dari pusat yang menjelaskan hal tersebut, termasuk perihal penilaiannya,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Peserta Didik XI IPS, Siti Salsabila mengatakan, ada 39 soal dengan waktu jawab 90 menit.

“Ada 39 soal yang harus di jawab, materinya literasi lebih banyak mengharuskan cermat dan tepat dalam membaca serta memahaminya,” ungkapnya.

ANBK berjalan lancar dan tidak ada hambatan tinggal menunggu hasil selanjutnya saja.

Demi PTM, Vaksinasi Bidik Belasan Ribu Pelajar Banjarmasin

Komentar
Banner
Banner