Dunia Fashion

Skill yang Harus Dimiliki kalau Ingin Jadi Desainer Baju Profesional

Menjadi desainer yang profesional, Anda harus memiliki bakat, kreativitas, dan kemampuan.

Featured-Image
Menjadi Desainer Profesional (Foto: Silica Institute)

bakabar.com, JAKARTA - Dunia fashion merupakan hal yang menarik untuk dibahas serta diminati oleh banyak orang. Apalagi jika Anda tertarik untuk menjadi seorang desainer.

Desainer baju adalah seseorang yang menciptakan gaya dan desain yang menarik melalui penggunaan kain. Seorang perancang busana merancang berbagai macam barang seperti gaun, sepatu, tas dan jenis pakaian lainnya.

Hal tersebut juga menuntut seorang desainer untuk mengamati perkembangan desain baru terutama pada fashion.

Selain itu, perancang busana ini harus mengembangkan kombinasi kain dari detail penting seperti garis, proporsi, warna, dan tekstur.

Baca Juga: Mudah Lelah sampai Sakit Pinggang, Ini Ciri-Ciri Ginjal Rusak

Menjadi desainer yang profesional, Anda harus memiliki bakat, kreativitas, dan kemampuan.

Tentunya memiliki passion dan ketrampilan dalam model fashion yang unik sangat dibutuhkan untuk menjadi desainer yang sukses.

Baca Juga: Apa Penyebab Tubuh Merasa Kesemutan?

Memutuskan untuk berkarir menjadi perancang busana tidak hanya membutuhkan keahlian, ulet dan fokus merupakan hal yang terpenting.

Belajar secara konsisten dalam melatih ketrampilan dan mengasah skill serta memperluas jaringan untuk sukses pada bidang ini.

Berikut tips agar menjadi desainer yang profesional:

1. Ketrampilan menggambar yang baik

Kemampuan menggambar ini berguna untuk menerjemahkan ide menjadi sketsa yang menggambarkan pakaian yang unik.

Menjadi seorang desaigner baju membutuhkan ketrampilan dalam mendesain, membuat sketsa ide, mulai dari pakaian hingga tata letak ruang untuk pameran busana yang mempertunjukkan karya desain Anda.

2. Dapat memahami tekstur, warna, dan kualitas kain

Menjadi perancang busana harus memahami dasar-dasar kualitas kain, tekstur, dan warna pelengkap untuk mencocokkan warna dengan cara yang menarik dan berbeda.

3. Pengetahuan dan ketertarikan pada tren fashion

Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang fashion desainer, Anda harus mengetahui apa yang sedang tren saat ini agar mempermudah mendapatkan ide yang tepat untuk sebuah busana yang akan diciptakan.

4. Pengetahuan dalam bisnis

Pemahaman tentang dunia bisnis mulai dari penjualan, keuangan dan pemasaran sangat penting untuk menjadi sukses dalam dunia mode ini.

Kreativitas memang dibutuhkan dalam dunia fashion, namun tanpa pemahaman bisnis, akan sulit untuk mempertahankan dan mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Perbedaan Fungsi Serum dan Moisturizer untuk Perawatan Kecantikan

Beberapa kasus desainer akhirnya bangkrut karena mereka memiliki pemahaman yang kurang dalam bisnis. Tingkatkan kemampuan diri Anda tentang Industri mode dengan membaca jurnal perdagangan secara rutin.

5. Ketrampilan visualisasi

Saat berhadapan dengan garmen dan acara fashion, Anda harus dapat memvisualisasikan seperti apa produk jadi tersebut sehingga dapat merencanakan dan merancang dengan tepat.

Misalnya: Kemampuan fitting ke manekin, Mampu memilih dan koordinasikan pakaian, warna dan aksesoris yang akan ditampilkan, Pertahankan tampilan ritel untuk daya tarik.

Teruslah belajar dan mengembangkan diri Anda, karena menjadi seorang desainer yang profesional, membutuhkan proses yang tidak instan. Semoga bermanfaat!

Editor


Komentar
Banner
Banner