kesehatan

Mudah Lelah sampai Sakit Pinggang, Ini Ciri-Ciri Ginjal Rusak

Perlunya untuk menjaga kesehatan ginjal karena jika rusak, kemampuan untuk membuang racun jadi menurun.

Featured-Image
Ciri-Ciri Ginjal Rusak (Foto: dok. Kompas)

bakabar.com, JAKARTA - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh dengan fungsi vital dalam kehidupan yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang dan dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang.

Ginjal terdiri dari dua bagian yaitu kiri dan kanan. hal tersebut menunjukkan bahwa ginjal adalah organ yang sepasang. Organ ini mengandung sekitar satu juta nefron,yaitu saringan darah yang sangat kecil.

Oleh sebab itu, tugas utamanya adalah menyaring darah serta membuang racun lewat urin yang dikeluarkan dari tubuh.

Perlunya untuk menjaga kesehatan ginjal karena jika rusak, kemampuan untuk membuang racun jadi menurun.

Alhasil ginjal tak bisa memproduksi urine dengan baik. Akibatnya, racun menumpuk di dalam tubuh dan dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan.

Penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri ginjal rusak agar mendapatkan penanganan yang tepat sehingga kondisi tidak menjadi parah.

Berikut ciri-ciri ginjal rusak: 

1. Mudah lelah

Ginjal berfungsi menyaring limbah dari darah dan mengeluarkan melalui urine. Jika ginjal tak berfungsi dengan baik. Racun dapat menumpuk dan membuat kondisi tubuh menjadi mudah lelah. Hal tersebut terjadi karena produksi sel darah merah yang tidak maksimal akibat kerusakan tersebut.

2. Kaki dan tangan bengkak

Ketika ginjal tak dapat membuang natrium dengan baik, cairan akan menumpuk dalam tubuh yang menyebabkan tangan dan kaki membengkak.

3. Nafas menjadi sesak

Kerusakan ini membuat ginjal tak bisa menghasilkan hormon eritropoietin. Hormon tersebut berfungsi untul memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Tanpa adanya hormon tersebut, Anda bisa terkena anemia dan sesak nafas. Penumpukan cairan akan membuat Anda sulit dalam mengatur nafas.

4. Kulit gatal

Ginjal yang tidak lagi mampu untuk membuang racun dari dalam tubuh akan membuat kulit menjadi gatal. Kondisi ini bisa menyebabkan ruam dan rasa gatal di seluruh tubuh.

5. Jarang kencing

Ciri-ciri lainnya adalah jarang kencing.  Kemampuan ginjal untuk memproduksi urine  jadi berkurang yang menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi jarang.

6. Urine berbusa

Urine yang berbusa menjadi pertanda terlalu banyak protein yang disebut albumin. Kondisi tersebut disebabkan oleh kerusakan pada ginjal.

7. Sakit pinggang

Organ ginjal yang terletak di sebelah kanan dan kiri perut, tepatnya dibawah punggung di sisi tulang belakang. Saat ginjal bermasalah, punggung terkadang terasa sakit yang bisa menjalar hingga ke pinggang bagian belakang

Editor


Komentar
Banner
Banner