Tak Berkategori

Siswa-Mahasiswa Wajib Tahu! Cara Menabung Tanpa ke Bank

apahabar.com, BANJARMASIN – Menabung sangat penting untuk menjada kestabilan finansial. Kebiasaan menabung perlu dilakukan sejak dini…

Featured-Image
Siswa dan mahasiswa wajib tahu, ada cara menabung tak harus ke bank. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Menabung sangat penting untuk menjada kestabilan finansial.

Kebiasaan menabung perlu dilakukan sejak dini terutama saat masih sekolah. Tidak perlu bingung, karena ada beberapa cara menabung tanpa ke bank yang bisa dilakukan oleh siswa maupun mahasiswa. Lalu, bagaimana caranya? Inilah informasi selengkapnya.

Cara Menabung Tanpa ke Bank

Siswa maupun mahasiswa yang jarang memiliki waktu luang untuk ke bank, bisa memanfaatkan berbagai cara menabung berikut ini. Selain lebih hemat waktu, cara menabung ini juga sangat praktis dan bisa digunakan dimana saja dan kapan saja.

Inilah beberapa cara tersebut:

1. Menggunakan E-Wallet atau Dompet Digital

Cara menabung tanpa harus pergi ke bank yang pertama adalah dengan cara menabung melalui e-wallet. Cara ini tak hanya cocok untuk mahasiswa atau siswa, bagi siapa saja bisa menggunakan dompet digital untuk menyimpan uang. Menabung dengan e-wallet juga sangat praktis.

Tanpa harus pergi ke bank, namun fiturnya cukup lengkap dan tak beda jauh dengan layanan bank. Beberapa dompet digital yang bisa Anda pilih adalah Gopay, OVO, DANA, dan lain sebagainya.

Untuk urusan top up atau mengisi tabungan, seperti misalnya top up DANA, bisa Anda lakukan melalui Flip. Mengapa harus Flip?

Sebab, biasanya ketika top up ada biaya admin yang harus Anda keluarkan. Nah, jika menggunakan Flip, Anda bisa melakukan top up berbagai dompet digital tanpa biaya sepeserpun alias gratis. Tentunya hal ini bisa lebih menghemat pengeluaran, dan uang tersebut bisa lebih maksimal untuk Anda tabung.

Selain top up, Anda juga bisa melakukan transfer uang antar bank, maupun ke luar negeri dengan menggunakan Flip dengan gratis. Membeli pulsa dan paket data juga bisa melalui Flip.

Untuk keamanan juga tidak perlu khawatir karena Flip sudah memiliki izin legalitas dari Bank Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir perihal keamanan transaksi di Flip.

2. Menggunakan Aplikasi Smartphone

Aplikasi menabung pada smartphone Android atau iOS juga semakin banyak. Aplikasi smartphone yang bisa digunakan biasanya keluaran atau milik bank.

Fitur yang ditawarkan cukup komplit dan memudahkan nasabah bank itu sendiri. Menabung atau menyimpan uang, hingga transaksi lainnya pun juga bisa dilakukan seperti transfer uang dan membeli pulsa. Dengan berbagai aplikasi ini, urusan menabung bisa dilakukan tanpa harus ke bank.

3. Menggunakan E-Money

Selain e-wallet, ada juga e-money yang bisa dijadikan cara menabung tanpa harus pergi ke bank.

Awalnya e-money mungkin terbatas untuk pembayaran alat transportasi, namun semakin majunya teknologi, e-money bisa juga dijadikan tempat untuk menyimpan uang.

Selain bebas dari antrian, hemat transport karena tak perlu pergi ke bank, cara ini juga sangat mudah dilakukan dengan cara mengisi e-money melalui merchant. E-money hampir sama dengan e-wallet.

Hanya saja e-money masih memiliki bentuk fisik berupa kartu yang bisa Anda bawa kemana saja. Namun bentuk uang tersimpan dalam e-money tetap uang virtual.

4. Menggunakan Fitur Payment

Cara lain menabung tanpa harus ke bank adalah memanfaatkan fitur payment. Cara ini hampir sama dengan konsep e-money. Uang Anda nanti akan berbentuk uang digital jika sudah disetorkan. Aplikasi payment sifatnya lebih umum atau universal sehingga bisa dipakai untuk berbagai kepentingan.

Adanya fitur payment ini sendiri juga bisa dipakai untuk memudahkan pengguna melakukan berbagai transaksi online. Bahkan menyimpan uang atau menabung pun bisa dilakukan dengan mudah dan tetap aman.

Itulah beberapa cara menabung tanpa ke bank yang cukup dilakukan dengan smartphone dan koneksi internet. Berbagai cara ini bisa membuat siswa, mahasiswa, maupun lainnya lebih mudah untuk memupuk kebiasaan menabung. Tanpa harus ke bank, kebiasaan menabung yang sangat baik untuk finansial, tetap bisa berjalan lancar.



Komentar
Banner
Banner