Mudik 2023

Sisa Tiket Program Mudik Motis Dialihkan untuk Penumpang Umum

Kementerian Perhubungan membuka mengalokasikan sisa tiket program angkutan motor gratis untuk tiket penumpang umum.

Featured-Image
Ilustrasi Mudik. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan membuka bakal mengalokasikan sisa tiket program angkutan Motor Gratis (Motis) untuk tiket penumpang umum. Hal itu sebagai antisipasi terhadap masyarakat umum yang tidak terdaftar dalam program tersebut.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan, besarnya antusiasme masyarakat yang masih mencari tiket kereta api untuk mudik.

"Saat ini tiket penumpang untuk program Motis sudah dapat diakses oleh masyarakat pada aplikasi penjualan tiket kereta api yang disediakan oleh operator,” terang Djarot dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/4).

Baca Juga: Beda Suara dengan Pemerintah, Penumpang KRL Butuh Tambahan Kereta

Lebih lanjut, Djarot menjanjikan penjualan tiket itu akan di update secara berkala menyesuaikan dengan ketersediaan tiket yang masih tersisa.

Adapun kuota tiket penumpang yang telah disediakan oleh DJKA untuk program Motis tahun 2023 adalah sebanyak 46.720 tiket penumpang. Sementara kuota motor yang disediakan dalam program Motis mencapai 10.440 kuota motor.

Per tanggal 13 April 2023, kuota tiket penumpang yang sudah terpakai untuk program Motis mencapai 9.208 tiket dan kuota motor yang terpakai sudah mencapai 6.330.

“Supaya kuota tiket penumpang Motis dapat seluruhnya dimanfaatkan oleh penumpang, kami memutuskan untuk menyediakan tiket yang tersisa agar dapat dijual oleh operator kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Terjual 45 Persen di Solo

Adapun tiket penumpang khusus program Motid ini dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja.

"Tiket penumpang MOTIS ini merupakan tiket yang mendapat dukungan subsidi passenger service obligation (PSO) dari DJKA sehingga dapat dibeli dengan harga yang sangat murah dan jauh dari harga tiket kereta api pada umumnya,” ungkapnya.

Untuk masyarakat yang berminat terhadap program tersebut, diharapkan untuk mengecek secara berkala melalui aplikasi penjualan tiket yang disediakan oleh operator.

Sebab, tiket mudik/balik baru akan tersedia di aplikasi pada tanggal yang sama dengan tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB. Sementara untuk tiket contra flow akan tersedia di aplikasi pada H-1 dari tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB.

Editor
Komentar
Banner
Banner