Habar Pemilu 2024

Simulasi Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas di Banjarmasin Kesulitan Saat Gunakan Hak Pilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di Halaman Taman Budaya Kalsel pada Selasa (23/1/2024).

Featured-Image
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di Halaman Taman Budaya Kalsel pada Selasa (23/1/2024). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di Halaman Taman Budaya Kalsel pada Selasa (23/1/2024).

Meski secara umum berjalan lancar, pemilih disabilitas mengakui kesulitan akibat akses menuju tempat pemungutan suara (TPS).

Pemilih disabilitas, Fahrurrazi menerangkan pelaksanaan pemilu 2024 sejauh ini sudah cukup memahami karena mengikuti simulasi pemungutan suara hari ini.

"Alhamdulillah semua sudah cukup. Yang jadi catatan paling akses yang dijangkau dari kami menuju ke TPS," ujarnya.

Mewakili pemilih disabilitas lainnya, ia menerangkan KPU dapat melakukan peningkatan pelayanan, khususnya bagi penyandang disabilitas untuk sampai ke TPS dan kotak suara.

"Agar bisa mencakup keseluruhan disabilitas di Banjarmasin," ucapnya.

Ketua KPU Banjarmasin, Rusnailah menyampaikan TPS akan disiapkan sedemikian rupa untuk memudahkan pemilih penyandang disabilitas.

"Jadi nanti TPS ya jangan memilih yang ada gundukan lah, karena disabilitas itu tergantung juga dia dimana mau mendaftar," ungkap Rusnailah.

Meski begitu, Rusnailah berjanji jika pihaknya terus berupaya memberikan fasilitas pelayanan  tiap TPS untuk penyandang disabilitas. Tak hanya itu, pendampingan dari petugas di TPS untuk penyandang disabilitan untuk melakukan pencoblosan.

"Begitu juga dengan yang tunanetra ya, 1 TPS itu ada 1 alat braile untuk mereka bisa memilih. Tapi sekali lagi itu, hanya surat suara DPD dan Presiden," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner