Hot Borneo

Siap-Siap, TV Analog Akan Dimatikan di Banjarbakula

Kalimantan Selatan (Kalsel) 1 atau Banjarbakula dijadwalkan analog switch off (ASO) oleh Kementerian Kominfo.

Featured-Image
Warga menonton siaran televisi analog. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com,BANJARBARU - Kementerian Kominfo akan mematikan siaran televisi analog di kawasan Banjarbakula yang meliputi Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Kadis Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim, mengimbau masyarakat yang memiliki televisi analog dan tidak bisa menerima sinyal digital agar segera memasang Set Top Box (STB).

STB bisa dibeli di toko elektronik. Alat tersebut juga dijual secara online. 

"Pastikan membeli STB yang telah tersertifikasi Kementerian Kominfo dan berlogo SNI,” kata Muslim di Banjarbaru, Minggu (26/2).

Baca Juga: Tak Hanya Orang Dewasa, Penyebab Terkena Darah Tinggi Bisa Beresiko ke Anak Muda

Muslim mengatakan salah satu indikator kesiapan pelaksanaan analog switch off (ASO) adalah distribusi STB ke rumah tangga miskin yang mencapai 90 persen.

Berdasarkan laporan yang dia terima dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), penyaluran STB di wilayah Kalsel 1 masih di bawah 20 persen.

ASO adalah penghentian siaran televisi analog untuk bermigrasi ke digital, dengan siaran yang lebih bersih, jernih, dan lebih canggih. Dengan ASO, masyarakat bisa menyaksikan tayangan yang lebih berkualitas dan beragam.

Muslim mengaku telah berkoordinasi dengan LPS untuk percepatan distribusi STB. "Jika ada kendala distribusi di lapangan, seperti sinkronisasi data supaya bisa segera diatasi,” katanya.

Baca Juga: Trofi Piala Dunia U-20 Diarak ke 10 Kota, Termasuk 'Saudara' Banjarmasin

Selain Banjarbakula, Muslim menyebut Kotabaru adalah daerah lainnya di Kalsel yang akan melaksanakan ASO.

Sedangkan kabupaten lainnya siaran televisi analog memang sudah dimatikan. Seperti Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan, dan Tabalong. Di sejumlah daerah itu siaran TV menggunakan digital, parabola dan satelit.

Editor


Komentar
Banner
Banner