Hot Borneo

Siap-siap Siaran TV Analog di Banjarbakula Disetop Mulai 20 Maret 2023

Pada 20 Maret ini, siaran TV analog di wilayah Kalimantan Selatan-1, Bali dan Sumatera Selatan-1 akan disuntik mati.

Featured-Image
Pembagian Set top box (STB) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah 80 persen lebih. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARBARU - Pada 20 Maret ini, siaran TV analog di wilayah Kalimantan Selatan-1, Bali dan Sumatera Selatan-1 akan disuntik mati.

Khusus di Kalimantan Selatan-1, daerah yang beralih ke siaran TV digital meliputi wilayah Banjarbakula. Yakni, Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim memastikan provinsi ini siap. Karena distribusi set top box (STB) TV digital gratis sudah mencapai 80,3 persen.

Muslim mengklaim persentase penyaluran STB di Banua terbanyak, jika dibanding provinsi lain yang siaran analaognya juga dimatikan pada 20 Maret ini.

Banjarbakula sendiri menerima jatah sekitar 21 ribu STB. Muslim menyebut, penyaluran ke kelompok rumah tangga miskin (RTM) ekstrem terus dilakukan.

"Kemungkinan sampau 20 Maret sudah disalurkan hingga 90 persen," katanya, Kamis (16/3).

Ia menegaskan, penyaluran STB atau alat pengubah sinyal untuk menonton siaran digital sepenuhnya dilakukan pemerintah pusat bersama stasiun televisi.

"Jadi penyaluran tidak melibatkan pemerintah daerah (pemda)," akunya.

Pemda sendiri kata Muslim, hanya menyerahkan data jumlah warga tidak mampu di masing-masing kabupaten/kota.

"Kemudian yang menentukan penerima STB adalah pusat dan stasiun televisi," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner