TECHNO

Bersaing Ketat, Begini Komparasi Samsung Galaxy S23 dan iPhone 14

Samsung Galaxy S23 Ultra menjadi salah satu seri yang paling ditunggu dan diduga akan menjadi saingan utama iPhone 14

Featured-Image
Komparasi Samsung Galaxy S23 dan iPhone 14 . (foto:dok tangkapan layar)

bakabar.com, JAKARTA - Meski baru saja hadir di Tanah Air, iPhone 14 harus siap menghadapi saingan terbarunya yaitu Samsung Galaxy A23 Ultra pada bulan Januari tahun depan.

Samsung Galaxy S23 Ultra menjadi salah satu seri yang paling ditunggu dan diduga akan menjadi saingan utama dari produk smartphone unggulan seperti iPhone 14 Pro Max dan Pixel 7 Pro.

Dengan mengusung chipset Snapdragon 8 Generasi 2, adik dari Galaxy S22 ini digadang-gadang dapat memberikan kinerja tercepat yang pernah ada di seluruh perangkat Android.

Jika dibandingkan dengan iPhone 14 Pro Max, produk terbaru dari Apple itu memang memiliki banyak keunggulan seperti kamera utama 48MP, prosesor A16 Bionic yang sangat cepat, dan fitur-fitur baru yang praktis seperti Dynamic Island.

Mengusung Kamera Canggih

Namun dari segi kamera, produk terbaru Samsung ini sepertinya lebih unggul. Sensor kamera utama di Samsung Galaxy S23 Ultra diklaim mampu memghasilkan foto hingga resolusi 200MP atau 12,5MP.

Baca Juga: iPhone 14 Mau Dirilis, Apple Ingatkan Bakal Susah Didapatkan di Pasar

Menurut bocoran dari seorang leakster Ice Universe, kamera 200MP baru ini akan lebih baik dalam mengambil foto cahaya rendah, yang benar-benar dapat membantu Samsung menyalip mode malam iPhone yang dinilai sangat baik.

Lebih hebatnya lagi, meski tidak ada perubahan yang sangat signifikan antara Galaxy S22 Ultra dan S23 Ultra, layar besar baru Samsung dapat mengalahkan iPhone 14 Pro Max pada fitur zoom optik.

Apple hanya dapat memberikan 3x optical zoom dan 15x max digital zoom. Sementara Samsung Galaxy S23 Ultra sekali lagi diunggulkan untuk lensa telefoto ganda dengan zoom 3x dan 10x.

Desain

Dari segi desain, iPhone 14 Pro Max, kali ini menjadi lebih besar dibandingkan pendahulunya dengan tonjolan kamera yang lebih besar karena sensor yang ditawarkan model terbaru ini.

Jika dibandingkan dengan Galaxy S22 Ultra, saat ini versi tersebut lebih ringan dari iPhone 14 Pro Max meskipun memiliki layar 6,8 inci yang sedikit lebih besar. Desain tersebut diharapkan tidak banyak berubah untuk S23 Ultra.

Baca Juga: Mahalnya Harga iPhone Sebanding dengan HP Samsung, Alasannya Sederhana

Galaxy S23 Ultra diperkirakan hanya akan 0,2 ons atau 6g lebih berat dari pendahulunya. Hal ini disebabkan oleh bingkai logam yang lebih lebar.

Selain itu, pada Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan bezel yang terangkat di sekitar kamera untuk melindungi lensa dari goresan.

Pengisian Lebih Cepat

Galaxy S23 Ultra diperkirakan akan menawarkan pengisian daya 45W, yang jauh lebih baik daripada pengisian daya 20W hingga 30W yang dimiliki Apple dengan iPhone 14 Pro Max.

S Pen

Ponsel Galaxy S23 Ultra juga diperkirakan akan memberikan stylus untuk mempermudah para penggunanya. Kendati begitu, belum ada peningkatan besar untuk stylus ini selain berguna untuk mengurangi latensi dan meningkatkan pengenalan tulisan tangan.

S Pen tersebut merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki pihak Samsung yang tidak ada di produk iPhone 14 Pro Max.

Kesimpulan

Berdasarkan rumor sejauh ini, Galaxy S23 Ultra tidak terdengar seperti perubahan besar dari S22 Ultra. 

Tetapi pada produk S23 Ultra dapat mengejutkan banyak pihak dengan sensor kamera yang setara 200MP terbarunya untuk meningkatkan kualitas foto line up terbaru Samsung tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner