Hot Borneo

Sesak Napas di Atas Kapal, WNA Filipina Dievakuasi Basarnas ke Balikpapan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina bernama Velasco Cesar Lamano (55) mendadak mengalami…

Featured-Image
Petugas Basarnas melakukan evakuasi terhadap korban di atas Kapal MV Golden Gayle . Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina bernama Velasco Cesar Lamano (55) mendadak mengalami sesak napas di atas Kapal MV Golden Gayle pada Minggu (29/5).

Informasi tersebut diterima Basarnas Balikpapan melalui Basarnas Command Center (BCC) pada Sabtu (28/5) sekira pukul 22.42 Wita. Diketahui Velasco merupakan ABK dari Kapal MV Golden Gayle.

“Iya, informasi masuk ada 1 ABK MV Golden Gayle mengalami sesak napas. Tim sudah meluncur ke lokasi yang dilaporkan,” kata Kepala Basarnas Balikpapan, Melkianus Kotta.

Informasi yang dihimpun Basarnas Balikpapan, Kapal MV Golden Gayle ini sedang melakukan perjalanan dari Port Headland di Australia menuju Kwangyang di Korea Selatan.

Namun dalam perjalanan tiba-tiba Velasco sesak napas dan butuh penanganan medis. Lantaran kawasan yang terdekat adalah perairan Kaltim, maka warga Filipina itu dievakuasi ke Balikpapan.

“Kami mengerahkan satu tim menggunakan kapal KSOP Balikpapan bersama dengan KKP Balikpapan melakukan medivac. Jarak evakuasi kurang lebih sekitar 35 nautical mile dari Pelabuhan Semayang Balikpapan,” ungkapnya.

Tim Basarnas pun tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada pukul 19.10 Wita dengan membawa korban. Melki mengatakan proses evakuasi berjalan lancar dan korban telah dibawa ke Rumah Sakit Siloam untuk penanganan medis.

“Untuk kendala tidak ada, cuaca juga sangat mendukung, lautnya tenang, jadi proses evakuasi berjalan lancar. Dengan selesainya evakuasi SAR ini, kami ucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat,” tandasnya.

Komentar
Banner
Banner