Hot Borneo

Sering Sebabkan Kecelakaan, Mobil Barisan Pemadam Kebakaran Banjarmasin Dinilai Tak Layak

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah mobil milik Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Banjarmasin dinilai tidak laik jalan….

Featured-Image
Suasana pemeriksaan unit mobil BPK di Banjarmasin. Foto:apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah mobil milik Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Banjarmasin dinilai tidak laik jalan. Hal ini terungkap setelah puluhan unit mobil BPK Banjarmasin menjalani pemeriksaan di Lapangan Kamboja, Rabu (6/7).

"Armadanya tidak layak,” kata Kabid Penyegahan Damkar dan Penyelamatan Banjarmasin, Marliansyah.

Pemeriksaan ini dilakukan setelah terjadinya sejumlah insiden yang menyebabkan korban jiwa saat unit BPK sedang melaju di jalan raya.

Marliansyah menyampaikan pemeriksaan itu merupakan upaya pemerintah untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas dalam proses memadamkan api saat kebakaran. Selain itu, juga untuk memastikan mobil tersebut menunjang penyelamatan saat kebakaran.

"Walaupun Sumber Daya Manusia (SDM) mereka ahli, tapi sarananya tidak memenuhi," ucapnya.

Pemeriksaan mobil BPK ini langsung ditangani Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin. Mulai dari rem, lampu, reting, dan lainnya, tak luput dari pengecekan.

Hari ini, giliran unit BPK Banjarmasin Timur dan Utara yang diperiksa. Sedangkan Kamis (7/7) besok, pemeriksaan dilakukan di unit BPK Kecamatan Selatan, Tengah dan Utara. Total unit yang diuji berjumlah 100 mobil.

"Setiap kecamatan ada 19 unit perwakilannya, satu unit diwakili oleh Damkar," pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner