Nasional

Serikat Pekerja Tolak Ahok Jadi Bos Pertamina

apahabar.com, JAKARTA – Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menolak pengangkatan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki…

Featured-Image
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Foto – beritacenter.com

bakabar.com, JAKARTA - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menolak pengangkatan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pimpinan PT Pertamina (Persero).

Presiden FSPPBArie Gumilar secara gamblang menyatakan bahwa Ahok adalah tokoh yang kesohor kerap membuat kegaduhan, yang berujung pada bisnis dan pelayanan Pertamina ke depan.Bisnis dan pelayanan yang dimaksud adalah menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke seluruh daerah di Indonesia.

“Semua tahu bagaimana rekam jejak, sikap, dan perilaku yang bersangkutan (Ahok) yang selalu membuat keributan dan kegaduhan dimana-mana. Bahkan seringkali berkata kotor,” ujarnyaseperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (16/11)

Menurut Arie, dengan karakter demikian, Ahok tidak cocok menjabat di Pertamina. Sebab, pekerjaan mengatur perusahaan energi ini tidak gampang dan memerlukan konsentrasi tinggi.

Ia khawatir, karakter Ahok yang dia nilai menggebu-gebu tersebut bakal berdampak pada organisasi Pertamina. Ia juga was-was seumpama Ahok menjabat lalu membuat pernyataan kontroversial, hal ini bakal mempengaruhi distribusi energi dan pelayanan BBM kepada masyarakat.

“(Memastikan pasokan BBM di seluruh negeri) Itu tidak mudah, pertamina harus bisa fokus dan penuh dengan konsentrasi tinggi,” terang dia.

Sekadar mengingatkan, serikat pekerja Pertamina juga pernah menolak Nicke Widyawati sebelum dilantik sebagai direktur utama definitif. Alasannya, Nicke orang luar Pertamina. Nicke sendiri berkarier di PT PLN (Persero) sebelum ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Pertamina.

Jauh sebelum itu, serikat pekerja Pertamina juga pernah mempertanyakan keputusan pemerintah yang menunjuk Dwi Soetjipto sebagai direktur utama perusahaan pada 2014 lalu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan justru membela Ahok. Menurutnya, penolakan serikat pekerja perlu dipertanyakan karena Ahok dipandangnya sebagai sosok yang baik dan mumpuni mengembangkan bisnis di BUMN, termasuk Pertamina.

“(Ahok) orang baik, mau bikin lurus bersih ya, ya masa (perusahaan) tidak mau dibersihin,” ucapnya.

Baca Juga:Alasan Erick Tohir Tunjuk Ahok Jadi Bos BUMN Awal Desember

Baca Juga:Ahok Digadang Kuat Jadi Bos Pertamina!

Sumber: CNN Indonesia.com

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner