RIP Pele

Sepak Bola Dunia Berduka, Obama Beri Penghormatan Terakhir untuk Pele

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyampaikan penghormatan terakhir atas meninggalnya legenda sepak bola Brasil, Pele.

Featured-Image
Barack Obama sampaikan duka cita atas meninggalnya Pele (Foto: Marca)

bakabar.com, JAKARTA – Kabar meninggalnya Pele membuat dunia sepak bola berduka, tidak terkecuali mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang turut berduka atas kepergian legendaBrasil tersebut.

“Pele adalah salah satu yang terhebat yang pernah memainkan permainan indah. Sebagai salah satu atlet yang paling dikenal di dunia,” tulis Barack Obama di akun Twitter pribadinya.

“Dia memahami kekuatan olahraga untuk menyatukan orang. Doa kami bersama keluarga dan semua orang yang mencintai serta mengaguminya,” demikian pernyataan Barack Obama.

Sebelumnya dikabarkan, Pele yang bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento telah menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke-82 tahun.

Legenda sepak bola Brasil itu tutup usia di rumah sakit Albert Einsten, Sao Paulo, Brasil, pada Jumat (30/12) dini hari WIB atau Kamis (29/12) waktu setempat.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Pele memang diketahui sedang menjalani perawatan di rumah sakit selama satu bulan terakhir untuk berjuang dari penyakit kanker usus yang dideritanya sejak 2021 lalu.

Kepergian legenda sepak bola dunia tersebut sontak membuat mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama merasakan kehilangan.

Tidak hanya Obama yang mengungkapkan kehilangan atas kepergian Pele. Pesepak bola seperti Neymar dan Cristiano Ronaldo juga turut berduka atas kepergiannya.

Baca Juga: Berita Duka, Legenda Sepak Bola Brazil Pele Meninggal Dunia di Sao Paulo

Sama seperti Obama, Neymar juga mengatakan bahwa Pele berperan penting membuat sepak bola tidak hanya sebagai olahraga, tetapi juga seni dan hiburan.

Penyerang Timnas Brasil yang baru-baru ini menyamai torehan jumlah gol Pele di tim Samba menyampaikan pesan menyentuh atas kepergian legenda sepak bola itu.

“Sebelum Pele, ‘10’ hanyalah sebuah angka. Saya membaca ungkapan itu di suatu tempat, di beberapa momen dalam hidup saya. Kalimat itu indah meski tidak lengkap,” tulis Neymar di akun Instagram pribadi.

“Saya akan mengatakan bahwa sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga. Pele mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan,” ungkap Neymar.

“Ia memberi pesan kepada orang miskin, orang kulit hitam, dan terutama memberi sorotan untuk brasil,”

“Sepak bola dan Brasil telah menaikkan status mereka berkat Sang Raja! Dia pergi, tetapi sihirnya akan tetap ada. Pele abadi!,” demikian cuitan penyerang Timnas Brasil itu.

Tidak hanya Neymar yang mengungkapkan duka citanya atas kepergian Pele. Mega bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo pun juga mengutarakan hal yang sama tentang sosok Pele.

Cristiano Ronaldo pun mengatakan, Pele menjadi inspirasi bagi banyak orang dan menekankan bahwa sang legenda akan hidup abadi dalam memori setiap orang selamanya.

“Dia tidak akan pernah dilupakan dan kenangannya akan hidup selamanya di setiap pencinta sepak bola. Beristirahatlah dengan damai Raja Pele,” tulis CR7 di akun Instagram pribadinya.

Editor


Komentar
Banner
Banner