Kalsel

Sempat Hijau, Belitung Utara Kembali Zona Merah Covid-19

apahabar.com, BANJARMASIN – Kelurahan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat kembali berubah menjadi zona merah penularan…

Featured-Image
Kelurahan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat kembali naik status setelah dua warganya terkonfirmasi Covid-19 dari hasil tes usap. Foto-Dok.apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Kelurahan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat kembali berubah menjadi zona merah penularan virus Corona.

Padahal empat hari lalu, Belitung Utara masih menjadi zona hijau setelah tidak ada penambahan kasus baru Covid-19.

Temuan itu dibenarkan oleh Lurah Belitung Utara, Amrullah saat dikonfirmasi bakabar.com, Kamis (23/7).

Puskesmas Kuin Raya yang menangani Belitung Utara menyatakan terdapat dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari Puskesmas Kuin Raya bahwa ada dua warga yang positif karena hasil swab-nya baru keluar,” ujarnya.

Amrullah menerangkan dua warga yang positif tersebut berstatus kontak erat atau orang tanpa gejala (OTG).

“Setelah dapat kabar itu, kami bersama pihak puskesmas langsung ke rumahnya untuk minta melakukan karantina mandiri,” ucapnya.

Amrullah lantas memerincikan jika sejauh ini di wilayahnya masih tercatat 22 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dua orang dalam perawatan, 18 orang dinyatakan sembuh dan dua orang lagi meninggal dunia.

“Itulah wilayah ini dinyatakan bersih atau zona hijau. Namun ada tambahan baru lagi dua orang karena swab-nya baru keluar," tandasnya.

Mereka yang menjalani isolasi mandiri akan mendapatkan bantuan kebutuhan pokok dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Sudah kami salurkan,” jelas Amrullah.

Praktis nama Belitung Utara dicoret dari daftar hijau penularan Covid-19. Namun Banjarmasin tetap memiliki enam Kelurahan bebas Covid-19. Yakni Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kertak Baru Ilir, Alalak Tengah, Belitung Utara, Kelayan Luar dan Mawar.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner